BerandaHits
Kamis, 11 Sep 2024 18:02

Bagaimana Susu Ikan Dibuat?

Susu ikan yang disebut-sebut bisa jadi alternatif pengganti susu sapi. (KemenkopUKM)

Ikan bukanlah hewan yang bisa diperah susunya seperti sapi. Tapi, dalam program makan bergizi gratis, tercantum bahan susu ikan. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Inibaru.id – Presiden terpilih Prabowo Subianto memang baru akan dilantik sekitar satu bulan lagi. Tapi, program-program yang dia kampanyekan sudah banyak dibahas di mana-mana. Salah satunya tentu saja adalah program makan bergizi gratis. Nah, pada program ini, muncul sebuah bahan makanan yang sangat nggak biasa, yaitu susu ikan.

Mengingat ikan adalah hewan yang hidup di air dan nggak menyusui sebagaimana mamalia, tentu istilah susu ikan ini bikin heran, ya? Apalagi, dalam program tersebut, diungkap bahwa susu ikan bisa dijadikan pengganti alternatif susu sapi.

Bukankah susu sapi di Indonesia cukup banyak? Sekilas memang banyak, ya, Millens. Tapi, menurut ID FOOD, BUMN yang bakal mengurus program susu gratis, salah satu bagian dari program makan bergizi gratis, menyebut hanya ada 400 ribu ekor sapi di Tanah Air. Kalau pengin kebutuhan susu bisa teratasi, pemerintah harus mengimpor sekitar 2 juta ekor sapi perah. Hal ini tentu nggak mudah untuk dilakukan.

“Kalau pengin memroduksi susu dari mega farm, tentu butuh 2 sampai 3 tahun baru bisa siap. Makanya perlu produk alternative sebagai pengganti susu sapi. Salah satunya adalah susu ikan. Meski tentu saja aromanya masih perlu diperbaiki agar bisa diterima masyarakat,” ungkap Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Sis Apik Wijayanto di gedung DPR RI hari ini, Rabu (4/9/2024).

Asal kamu tahu, susu ikan adalah inovasi yang sudah dikembangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Agustus 2023 lalu. Tapi, jangan kira cara pembuatannya adalah memerah ikan sebagaimana para petani mendapatkan susu sapi. Susu ini dibuat dari hidrosilat protein ikan yang diurai oleh enzim, asam, atau basa menjadi peptida dan asam amino.

Susu ikan sudah diperkenalkan sejak Agustus 2023 lalu. (Tribunnews/Handika Rahman)

Sudah ada tiga varian rasa yang tersedia dari susu ikan, yaitu vanilla, cokelat, serat stroberi. Meski Sis Apik menyebut aroma dari produk ini masih perlu diperbaiki, sudah ada beberapa pihak yang menyebut susunya nggak amis.

Kelebihan susu ikan adalah tingkat penyerapannya dalam tubuh yang sangat tinggi, yaitu mencapai 96 persen. Artinya, kandungan gizinya seperti Omega 33 dan EPA DHA yang cukup tinggi bisa dengan mudah diserap oleh tubuh. Susu ikan juga bisa jadi alternatif produk susu bagi mereka yang aleri dengan susu sapi.

Meski begitu, bukan berarti susu ikan sudah fix masuk dalam program susu gratis atau program makan bergizi gratis ya. Kepala Badan Gizi Dadan Hindayana menyebut pihaknya masih menunggu arahan dari pihak-pihak terkait untuk memastikan kebenarannya.

“Sampai saat ini belum ada arah ke situ (masuk program susu gratis). Tapi kita ihat saja nanti. Kalau memang baik pasti akan diakomodir,” ungkap Dadan sebagaimana dinukil dari Detik, Rabu (11/9).

Hm, jadi begitu ya cara membuat susu ikan. Kakmu sendiri apakah tertarik untuk mengonsumsinya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT