BerandaHits
Selasa, 29 Apr 2024 17:00

Pengin Dosa Diampuni, Jalankan 4 Rukun Tobat Ini!

Salat tobat, salah satu cara mendapatkan ampunan dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan. (Umsu)

Merasa banyak dosa dan pengin dosa diampuni oleh Allah SWT, lakukan amalan berupa 4 rukun tobat berikut ini, Millens. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Yang namanya manusia pasti nggak lepas dari dosa. Selain dosa-dosa kecil yang terkadang tanpa disadari kita lakukan, banyak pula dosa-dosa besar yang disengaja. Nah, agar dosa-dosa tersebut diampuni, kita harus mau bertobat, Millens.

Masalahnya, tobat nggak semudah kata yang diucapkan. Kembali ke jalan yang benar juga nggak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kita sudah terlanjur hidup atau berada di lingkungan yang nggak baik. Lepas dari hal tersebut tentu sulit untuk dilakukan.

Lantas, apa yang perlu dilakukan agar dosa tersebut benar-benar diampuni? Kalau soal itu, kita bisa menilik buku karya Mustafirin berjudul Dinamika Dakwah Sufistik Kiai Salih Darat. Dalam buku tersebut, terungkap kalau ada tiga rukun tobat yang perlu dilakukan, yakni menyesali perbuatan dosa yang sudah dilakukan tersebut, benar-benar berhenti melakukannya, dan berjanji sekaligus bersungguh-sungguh nggak akan melakukan dosa tersebut.

Di sisi lain, jika kita melihat buku karya Fauuz berjudul Merajut Asa di Tengah Ketidakmungkinan Teguhkan Iman Dahsyatkan Doa, ada empat rukun taubat yang perlu dilakukan. Apa saja, ya?

1. Menyesali perbuatan dosa yang sudah dilakukan

Menyesali perbuatan dosa yang sudah dilakukan. (cahayaislam)

Layaknya di dalam buku Dinamika Dakwah Sufistik Kiai Salih Darat, rukun tobat pertama yang harus benar-benar kita jalankan adalah menyesali perbuatan dosa yang sudah dilakukan. Penyesalannya juga nggak semata-mata karena takut mendapatkan hukuman di dunia oleh aturan yang berlaku atau hukuman sosial dari orang lain, melainkan benar-benar pengin mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

2. Berjanji nggak mengulangi perbuatan dosa

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah berjanji dan bertekad nggak akan melakukan perbuatan dosa tersebut. Bahkan meskipun ada kesempatan atau godaan untuk melakukannya, di masa depan tetap nggak akan lagi tergiur untuk melakukannya. Janji ini harus ditepati demi mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

3. Menebus dosa

Jika masih ada kesempatan untuk menebus dosa, lakukanlah untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Sebagai contoh, kalau kamu pernah menyakiti atau mengecewakan orang lain, khususnya keluarga, mintalah maaf sampai yang bersangkutan mau melakukannya. Kalau pernah mencuri atau merugikan orang lain dalam bentuk materi, minta maaf sekaligus tebus kerugian yang dialami korban tindakan tersebut.

4. Banyak-banyak minta ampun

Sering-seringlah mengucap kata istighfar demi melunturkan dosa yang sudah dilakukan. Selain itu, lakukan salat tobat demi memohon ampun kepada Allah SWT, apalagi jika kita sebelumnya pernah melakukan dosa besar.

Yap, selagi masih diberi umur, jangan lewatkan kesempatan untuk menjalankan empat rukun tobat ini, ya, Millens! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT