inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Kucing Suka Mengganggu Orang Salat?
Minggu, 17 Sep 2023 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Kucing mengganggu orang salat. (Twitter/Dondihananto)

Ilustrasi: Kucing mengganggu orang salat. (Twitter/Dondihananto)

Kucing peliharaanmu suka mengganggu orang salat? Sebenarnya, apa sih ya alasan mereka suka melakukannya? Ternyata ini jawabannya, Millens.

Inibaru.id – Kamu pasti sudah beberapa kali melihat video viral yang menunjukkan kucing suka mengganggu orang salat. Kucing bisa bermain-main di sajadah atau bahkan naik ke badan orang yang sedang rukuk atau bersujud. Sebenarnya, apa ya alasan mereka suka melakukannya?

Pakar hewan yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Slamet Raharjo ternyata punya jawaban terkait kebiasaan lucu kucing ini. Ternyata, hal ini disebabkan oleh sifat alami kucing yang memang selalu ingin tahu dan suka mencari perhatian ke majikannya.

“Kucing itu memang suka mencari perhatian ke majikannya. Nah, saat mengganggu orang yang sedang salat, sebenarnya dia mencari perhatian sekaligus menunjukkan rasa sayangnya ke majikannya,” ungkap Slamet sebagaimana dilansir dari Kompas, Senin (11/9/2023).

Cara kucing untuk menarik perhatian ini bisa berupa menggosokkan badannya ke kaki atau tubuh majikannya, mengeong, duduk di pangkuan saat pemiliknya duduk, atau sekadar berguling pada sajadah. Intinya, mereka sebenarnya nggak punya niatan untuk mengganggu kok, hanya mencari perhatian.

Menyukai Sajadah dan Suasana Tenang Saat Salat

Kucing menyukai suasana tenang saat orang salat. (Bola/Shutterstock)
Kucing menyukai suasana tenang saat orang salat. (Bola/Shutterstock)

Hal lain yang membuat kucing cenderung suka mengganggu orang salat adalah mereka suka dengan tekstur sajadah yang cenderung empuk, hangat, dan nyaman. Bagi kita, sajadah mungkin tipis. Tapi, bagi kucing yang punya ukuran tubuh lebih kecil, sajadah rasanya mirip seperti kasur bagi manusia. Oleh karena itulah, mereka suka untuk rebahan atau berguling di atasnya.

“Mereka memang suka tiduran di alas yang empuk dan hangat seperti sajadah,” ungkap dokter hewan lainnya Aji Winarso yang berasal dari Universitas Nusa Cendana.

Lebih dari itu, ternyata kucing cenderung suka dengan keadaan tenang saat salat. Oleh karena itulah, terkadang mereka nggak hanya mengganggu orang yang sedang salat di rumah, melainkan juga di masjid.

“Yang pasti kucing melakukannya kalau merasa dekat atau punya ikatan dengan majikannya. Apalagi kalau sampai kucing menggesekkan kepalanya ke tubuh pemiliknya. Sebenarnya dia sedang menandai orang terebut dengan sekresi kelenjar infraorbitalis. Intinya, dia menandai pemiliknya sebagai miliknya yang artinya dia sangat percaya dan nyaman dengan majikannya,” terang Supratikno, dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Jadi, nggak perlu heran ya kalau kucing peliharaanmu suka mengganggumu saat salat. Mereka bukan jelmaan setan yang pengin mengusik ibadahmu kok. Kebetulan saja memang mereka suka nyari perhatian sama kamu, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved