inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ini Alasan Seringnya Kucing Menatap Tempat Kosong
Minggu, 3 Sep 2023 08:46
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kucing menatap tempat kosong. (Pexels.com/Buenosia Carol)

Kucing menatap tempat kosong. (Pexels.com/Buenosia Carol)

Kucingmu sering menatap tempat kosong? Penasaran nggak mengapa mereka sering melakukannya? Ternyata bukan karena melihat hantu, lo.

Inibaru.id – Kamu pemilik anabul pasti sering melihat kucing menatap tempat kosong lama-lama layaknya bapak-bapak yang sedang banyak pikiran. Saking seringnya hal ini terjadi, ada yang bahkan menduga kucing bisa melihat hantu atau mahluk yang tak kasat mata. Sebenarnya, apa sih alasan mereka sering melakukannya?

Nggak hanya menatap tempat kosong, kadangkala kucing juga menatap tembok meski nggak ada yang menarik pada tembok tersebut. Nah, ternyata, ada beberapa alasan yang membuat mereka melakukannya, yaitu:

1.       Mendengarkan sesuatu yang menarik perhatiannya

Ada alasan mengapa kucing memiliki ukuran telinga yang besar jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Hal ini membuat mereka memiliki pendengaran yang lebih sensitif dan bakal bermanfaat saat berburu.

Nah, ternyata, pendengaran yang sensitif ini juga jadi alasan mengapa mereka bisa menatap tempat kosong lama-lama.

Menurut Kompas (21/7/2023), terkadang kucing mendengar sesuatu yang nggak bisa kita dengar dari sebuah tempat yang kita kira kosong dan nggak ada apa-apa. Bisa jadi suara itu berasal dari hewan yang biasa dia buru atau menarik perhatiannya. Akhirnya, mereka akan fokus dan terdiam menatap lokasi di mana suara itu muncul, deh.

2.       Melihat sesuatu

Kucing punya penglihatan yang lebih baik dari manusia. (wallpapercrafter.com)
Kucing punya penglihatan yang lebih baik dari manusia. (wallpapercrafter.com)

Bukannya melihat hantu atau mahluk tak kasat mata, kucing terkadang bisa melihat hewan lain di tempat yang redup dan tidak kita sadari. Soalnya, mata mereka memang memiliki kemampuan melihat di tempat redup dengan jauh lebih baik. Mereka juga mampu mengikuti gerakan hewan lain dengan lebih teliti. Nah, terkadang mereka melihat hal tersebut di tempat-tempat yang kosong dan gelap sehingga terus menatapnya karena penasaran.

Selain itu, kucing juga termasuk dalam hewan dengan rasa ingin tahu yang tinggi, Millens. Bisa saja mereka hanya melihat serangga kecil atau gerakan tanaman dan menjadi penasaran. Oleh karena itulah, jangan heran jika mereka seperti menatapnya terus-terusan.

3.       Teringat sesuatu

Jangan kira hewan nggak punya kemampuan mengingat. Mereka juga memilikinya, lo. Apalagi, khusus untuk kucing, mereka memiliki episodik memori yang mirip dengan manusia. Artinya, mereka ingat sejumlah peristiwa-peristiwa yang dianggap bisa memberikan rasa senang atau nggak menyenangkan buat mereka.

Penelitian bahkan mengungkap bahwa kucing cukup sering mengingat hal-hal yang bisa membuatnya bahagia. Nah, bisa jadi, saat mereka menatap tempat kosong lama-lama, sebenarnya sedang melakukannya.

Melihat fakta-fakta ini, jangan berpikir yang nggak-nggak dulu deh jika kucing menatap lama-lama ke tempat kosong. Mereka nggak sedang melihat hantu atau hal-hal aneh lainnya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved