inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Penyebab Mata Kucing Menyala dalam Gelap
Minggu, 13 Agu 2023 14:30
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Mata kucing menyala dalam gelap. (Natgeo/Picture of Cat)

Mata kucing menyala dalam gelap. (Natgeo/Picture of Cat)

Meski nggak punya kemampuan memproduksi cahaya seperti kunang-kunang, mata kucing menyala dalam gelap. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Meski sering disebut sebagai hewan yang menggemaskan, nyatanya dalam beberapa kasus, kucing juga bisa terlihat menyeramkan lo. Salah satunya adalah saat mata kucing menyala dalam gelap. Apalagi jika nyala mata ini terlihat di tanah kosong atau tempat-tempat yang sering dianggap angker. Seram!

Meski begitu, alasan utama mengapa mata kucing bisa menyala dalam gelap bukan agar kelihatan seram. Jadi begini, karena aslinya kucing adalah hewan pemburu, wajar jika mereka punya penglihatan istimewa. Nggak hanya mampu melihat dengan sangat baik saat cahaya terang, mereka juga mampu melihat banyak hal yang nggak bisa manusia lihat saat cahaya redup atau gelap.

Kalau menurut keterangan Cats Protection, bagian retina kucing memang istimewa. Selain memiliki sel-sel yang peka cahaya, ada juga jaringan spesial bernama tapetum lucidum yang membuat mata kucing bisa tetap melihat dengan jelas meski kondisi cahaya remang-remang.

Hal ini sesuai dengan kondisi alami kucing yang cenderung aktif saat fajar dan senja, kondisi di mana cahaya nggak seterang saat siang hari.

O ya, jaringan ini perannya mirip seperti cermin namun mampu mengambil apa pun cahaya yang masuk ke retina. Nah, tapetum lucidum mampu memantulkan cahaya yang ditangkap tersebut ke sel yang peka cahaya. Hal inilah yang membuat mata kucing seperti menyala saat gelap.

Mata kucing bisa menyala karena ada jaringan tapetum ludicum yang perannya mirip cermin. (Okezone)
Mata kucing bisa menyala karena ada jaringan tapetum ludicum yang perannya mirip cermin. (Okezone)

Keistimewaan lain dari penglihatan kucing adalah kepekaan luar biasa dalam mengikuti benda yang bergerak. Bahkan meskipun benda itu bergerak dengan sangat cepat, kucing bisa tetap menyadarinya. Oleh karena itulah, saat berburu, terkadang kucing bisa melakukan manuver dengan sangat cepat dan mampu mendapatkan mangsanya meski mangsanya sangat gesit.

Meski dianugerahi sejumlah kelebihan, nyatanya penglihatan kucing juga ada kelemahannya, lo. Yang paling kentara adalah mereka nggak bisa melihat warna layaknya yang dilihat mata manusia saat cahaya terang. Menariknya, saat cahaya lebih gelap, mereka justru mampu melihat warna dengan lebih baik.

Jangkauan penglihatan kucing juga cenderung sempit jika dibandingkan dengan mata manusia.

Jika ada benda di jarak yang sangat dekat atau jarak yang sangat jauh, mereka nggak bisa melihat dengan jelas. Sebagai contoh, sebagian kucing nggak bisa melihat benda dari jarak lebih dari 6 meter dengan jelas. Kemampuan ini jelas berbeda dengan mata manusia yang bisa melihat dengan jelas sampai jarak 60 meter.

Wah, menarik banget ya fakta-fakta tentang penglihatan kucing. Kita jadi tahu deh mengapa mata kucing menyala dalam gelap, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved