inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Cara Mencegah Kucing Menggaruk Barang-barang di Rumah
Minggu, 9 Jul 2023 18:05
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Kucing menggaruk barang-barang di rumah. (Kompas/Shutterstock/noreefly)

Ilustrasi: Kucing menggaruk barang-barang di rumah. (Kompas/Shutterstock/noreefly)

Kesal karena kucing menggaruk barang-barang di rumah terus-terusan? Lakukan saja hal ini demi mencegahnya.

Inibaru.id – Meski bisa jadi hewan peliharaan yang menyenangkan, kucing juga bisa bikin kesal. Apalagi jika mereka sering menggaruk barang-barang di rumah seperti sofa, tentu barang-barang tersebut bisa rusak.

Meski bikin jengkel, bukan berarti kucing sengaja menggaruk untuk membuatmu merasakan hal itu ya? Kebiasaan tersebut adalah insting alami kucing.

Kalau menurut dr Jo Rigethi sebagaimana dikutip dari Better Homes and Gardens, mereka melakukannya sebagai cara untuk menjaga kondisi cakarnya, meregangkan badan agar nggak pegal, sekaligus menandai wilayahnya.

Meski begitu, bukan berarti kita kemudian pasrah dan membiarkan kucing merusak apa saja karena kebiasaan menggaruk tersebut. Ada lo sejumlah cara yang bisa kita lakukan agar kucing nggak asal menggaruk benda di rumah. Nah, berikut adalah cara-caranya.

Kamu harus menyediakan tempat yang bisa dipakai kucing untuk menggaruk

Tiang cakaran kucing. (Bola.com)
Tiang cakaran kucing. (Bola.com)

Orang yang benar-benar ‘serius’ memelihara kucing biasanya menyediakan mainan atau tiang cakaran kucing. Kedua benda itu bisa jadi tempatnya menggaruk setiap hari. Karena sudah menggaruk di tempat yang tepat, kucing pun jadi nggak sering menggaruk benda-benda lain di dalam rumah deh.

Nah, tiang cakaran kucing ini bisa dibeli atau dibuat sendiri. Kalau mau membuatnya sendiri, pastikan tiangnya kuat, cukup tinggi, dan memiliki bahan yang enak untuk digaruk kucing. Terkait dengan jenis bahannya, kamu bisa tes dulu kucingmu. Bisa jadi dia lebih menyukai tali, karpet, atau karton.

Pastikan pula tiang garukan ini diposisikan di tempat di mana kucing sering bermain di dalam rumah. Contohlah, kamu menempatkannya di dekat tempat tidurnya. Jadi, setiap kali dia bangun dan butuh peregangan, kucing bisa segera melakukannya di tiang tersebut.

Untuk melatih kucing selalu menggaruk di tiang garukan, kamu bisa lo memberikan sedikit camilan setiap kali dia selesai menggaruk. Selain itu, jika dia masih berusaha untuk menggaruk sofa atau tempat lainnya, segera ambil tiang penggaruk itu dan tempatkan di dekatnya. Kucing pun jadi tahu di mana dia bisa menggaruk dengan benar dan akhirnya akan melakukannya lagi di lain waktu.

Buat barang yang biasanya digaruk jadi nggak menarik

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kucing terus menggaruk benda-benda di dalam rumah adalah dengan membuat benda-benda itu jadi nggak menarik baginya. Sebagai contoh, kamu bisa menyemprotkan wewangian jeruk yang nggak disukai kucing di benda tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memotong kuku kucing secara rutin sehingga setiap kali dia berusaha menggaruk sofa atau benda lain, nggak akan menyebabkan kerusakan yang parah.

Jadi, sebenarnya nggak sulit bukan mencegah kucing menggaruk benda di dalam rumah secara sembarangan, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved