inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Kucing Suka Menggosokkan Tubuh ke Kaki Manusia?
Minggu, 20 Agu 2023 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kucing suka menggosokkan tubuhnya ke kaki manusia. (Laughingsquid)

Kucing suka menggosokkan tubuhnya ke kaki manusia. (Laughingsquid)

Kalau kucingmu suka menggosokkan tubuh ke kakimu, ternyata menandakan kalau dia merasa nyaman dan sayang kepadamu, lo. Jadi, jangan marah dulu meski kamu merasa terganggu.

Inibaru.id – Kamu suka kucing atau malah memang memeliharanya di rumah? Kalau iya, pasti sering memperhatikan sejumlah kebiasaan unik mereka seperti menggosokkan tubuhnya ke kaki manusia. Kebiasaan ini bahkan bisa dilakukan saat kamu sedang berjalan sehingga membuat kamu sedikit terganggu.

Kesannya seperti mencari perhatian ya? Realitanya memang benar kok, Millens. Meski terkadang terkesan cuek, kucing sebenarnya juga suka mendapatkan perhatian dari manusia, khususnya majikannya. Nah, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menggosokkan badannya ke kaki kita.

Menurut keterangan Kompas, (24/7/2023), perilaku kucing menggosokkan kepala dan badannya ke kaki ini bisa disebut sebagai head bunting. Cara ini dilakukan agar kamu mau membelai kepala atau badannya. Dengan mendapatkan belaian tersebut, kucing akan merasa nyaman sekaligus menghilangkan stresnya.

O ya, ada baiknya kamu agak berhati-hati dalam membelai kucing ya. Pasalnya, ada beberapa bagian tubuh kucing yang sensitif sehingga saat kamu belai dengan tangan, kucing akan memberikan reaksi berupa menggigit atau mencakar. Sebagai contoh, ada sejumlah kucing yang nggak nyaman dibelai pada bagian perutnya.

Tanda kasih sayang sekaligus memberikan penanda bahwa kamu ‘miliknya’

Kucing menggosokkan tubuh ke kaki majikan karena sayang. (Harapanrakyat)
Kucing menggosokkan tubuh ke kaki majikan karena sayang. (Harapanrakyat)

Selain pengin mencari perhatian majikannya, tindakan kucing menggosok-gosokkan tubuh ke kaki manusia juga pengin memberikan tanda bahwa majikannya adalah ‘miliknya’. Kok bisa?

Jadi begini, kucing memiliki sejumlah kelenjar yang ada pada bagian dagu, pipi, dahi, serta cakar. Kelenjar ini bisa mengeluarkan feromon yang nggak bisa dirasakan indera penciuman manusia, namun bisa dicium hewan-hewan lainnya.

Nah, saat kamu baru saja pulang dari luar, kucing bisa merasakan aroma hewan lain yang menempel pada kulit atau pakaian kamu. Untuk menghilangkan aroma itu, dia pun menggosok-gosokkan tubuhnya sekaligus menempelkan feromon pada kulit atau pakaianmu. Hm, ternyata kucing bisa posesif juga ya sama majikannya?

Meski begitu, sebenarnya hal ini juga menandakan bahwa kucing merasa puas dan senang selama ini hidup dengan kamu. Dia menyayangimu sehingga merasa perlu memberikan tanda bahwa kamu adalah orang yang selama ini merawatmu.

Apalagi jika dia juga menunjukkan perilaku serupa, yaitu menggosook-gosokkan badannya tapi ke benda-benda yang ada di dalam rumahmu. Kalau sampai menunjukkan perilaku ini, dan kucing menunjukkan wajah yang tenang, berarti dia merasa aman dan nyaman di rumahmu.

Jadi, sudah tahu kan alasan kucing menggosok-gosokkan badannya ke kaki atau ke benda yang ada di rumah? Meski terkadang sedikit menyebalkan karena mengganggu langkahmu, nggak usah marah dan berikan saja belaian kepadanya ya agar kucingmu jadi lebih senang, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved