inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Kucing Suka Memijat?
Minggu, 27 Agu 2023 15:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Alasan kucing suka memijat. Salah satunya sayang dengan majikannya. (Shutterstock/golubovystock)

Alasan kucing suka memijat. Salah satunya sayang dengan majikannya. (Shutterstock/golubovystock)

Saat kamu usap bulunya, kucing bisa mengeluarkan gerakan memijat. Apa ya alasan mereka melakukan gerakan tersebut?

Inibaru.id – Saat sedang kamu usap bulunya atau saat ia sedang tiduran di dekat tubuhmu, terkadang kucing melakukan gerakan memijat. Penasaran nggak mengapa mereka melakukan hal tersebut?

Kalau menurut pakar kucing, gerakan memijat ini dilakukan hampir semua jenis kucing, baik itu yang masih anak-anak atau yang sudah dewasa. Istilah dari gerakan ini adalah kneading atau making biscuit. Khusus untuk istilah terakhir, disebabkan oleh gerakan memijat kucing yang mirip dengan tangan manusia yang sedang menguleni adonan.

Menurut keterangan PetMD, Senin (25/7/2022), gerakan memijat pada kucing ini sudah muncul saat kucing masih menyusu pada induknya. Alasannya, gerakan memijat ini dilakukan ke tubuh induknya demi merangsang produksi susu saat mereka sedang menyusu.

Lantas, kok gerakan ini bisa terus dilakukan meski kucing sudah dewasa? Ternyata, hal ini disebabkan oleh di dalam otak kucing sudah tertanam rasa nyaman saat menyusu induknya tersebut.

Nah, saat mereka merasakan kenyamanan saat kita usap bulunya atau saat sedang berada di benda-benda yang lunak di rumah seperti selimut, kursi, dan lain-lain, mereka akhirnya melakukan gerakan tersebut secara insting.

Kucing suka memijat karena alasan insting yang mengingatkan mereka pada masa menyusu dengan induknya. (YouTube/Elephantnews)
Kucing suka memijat karena alasan insting yang mengingatkan mereka pada masa menyusu dengan induknya. (YouTube/Elephantnews)

Jika kucing melakukan gerakan memijat kepadamu saat kamu mengelusnya atau ia hanya sedang duduk di pangkuanmu, hal ini juga menandakan bahwa dia sudah menyayangimu. Masalahnya, dalam beberapa kasus, saat kucing sudah sangat bahagia, ia bisa melakukan gerakan memijat dengan mengeluarkan cakarnya. Kalau sudah begitu, kulitmu bisa terluka, deh.

Selain alasan tersebut, ada hal lain yang membuat kucing suka memijat, yaitu kecenderungan kucing untuk meregangkan otot dan menjaga kelenturan tubuhnya. Selain itu, dengan memijat, meremas, sekaligus mencakar suatu benda, kucing juga mengaktifkan kelenjar aroma yang ada pada bantalan kaki mereka yang berarti menandai benda-benda tersebut sebagai milik mereka.

Khusus untuk kucing betina, gerakan memijat juga bisa berarti hal lain, yaitu memberikan informasi kepada kucing-kucing jantan bahwa mereka bisa didekati untuk musim kawin. Biasanya sih, gerakan memijat dan meremas-remas udara ini disertai dengan dengkuran, posisi kucing betina yang berbaring miring.

Jadi, sudah tahu kan kalau kucing memijat-mijatmu dengan kakinya saat kamu usap bulunya adalah tanda kalau dia sedang bahagia dan nyaman denganmu? Sering-sering melakukannya agar ia semakin senang ya?

O ya, kalau kucing tanpa sengaja mengeluarkan cakarnya saat melakukan gerakan memijat ini, sebaiknya kamu berikan pembatas agar cakarnya nggak sampai menempel langsung ke kulitmu, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved