BerandaInspirasi Indonesia
Sabtu, 18 Nov 2022 09:20

Cerita Kampung KB Gadis Cilacap, Dulu Bikin Risau, Kini Semakin Hijau

Taman di Kampung KB Gadis Tegalreja, Cilacap. (Tribunbanyumas/Permata Putra Sejati)

Kampung KB yang ada di Kelurahan Tegalrejo, Cilacap Selatan, dulu identik dengan tempat tawuran dan mabuk-mabukan. Tapi, berkat perubahan yang dibuat warga, kampung ini kini menjadi bersih, rapi, dan bahkan semakin hijau. Seperti apa ya cerita perubahannya?

Inibaru.id – Kampung-kampung di kawasan perkotaan yang berada di dekat bantaran rel kereta api biasanya identik dengan lokasi yang kumuh dan penuh dengan masalah sosial. Hal ini berlaku di RW 3 dan 4 Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap sebelum 2017. Saat itu, banyak orang yang enggan untuk bertandang atau lewat kawasan tersebut.

Bagaimana nggak, di sana sering terjadi tawuran anak muda akibat pengaruh minuman beralkohol. Ditambah dengan adanya tempat pembuangan sampah (TPS) di bantaran rel dengan panjang sekitar 210 meter tersebut, kesan kumuh pun semakin kuat di sana.

Masa-masa kelam kampung pinggiran rel kereta api berubah sejak 2017 silam. Muhlasin, salah satu warga di sana menceritakan bahwa titik balik perubahan kampung itu ada pada saat Presiden Joko Widodo mencanangkan tempat itu menjadi Kampung KB.

“Dulu Pak Presiden mencanangkan Kampung KB pada akhir 2016. Awal 2017, warga pun secara swadaya mulai tergerak untuk membenahi kawasan ini,” ungkap laki-laki 58 tahun tersebut sebagaimana dilansir dari Suara, Rabu (26/10/2022).

Warga Berbenah

Perubahan kawasan menjadi tempat yaang bersih dan rapi juga mengubah pola pikir para warganya. (Antara/HO-PT KPI RU)

Warga langsung fokus ke tiga hal yaitu pembenahan bantaran rel kereta api, tempat pembuangan sampah, dan lokasi yang jadi tempat remaja berkumpul untuk mabuk-mabukan. Mereka kemudian membentuk Kampung Gadis yang merupakan akronim dari Guyub, Aman, Damai, Indah, Sejahtera.

“Dari situlah, masyarakat mengubah bantaran rel kereta ini menjadi taman yang bersih dan indah,” ujar laki-laki yang menjabat sebagai Ketua Umum Kampung KB Gadis Tegalreja tersebut sebagaimana dilansir dari Republika, Jumat (28/10).

Perubahan kawasan bantaran rel kereta api yang awalnya terkesan kumuh menjadi rapi ternyata ikut mempengaruhi pola pikir warga sekitar. Kini para warga selalu menjaga kebersihan area tersebut. Para remaja pun sungkan untuk mabuk-mabukan di sana.

Membuat Taman Hidroponik

Taman Hidroponik di Kampung Gadis Cilacap. (Republika/Dok Kampung KB Gadis Kelurahan Tegalreja).

Di lingkungan yang tepat, ide-ide kreatif pun bermunculan. Warga terpikir untuk membangun taman hidroponik agar kawasan bantaran rel Kampung Gadis jadi lebih produktif. Ide ini sampai terdengar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap. Perusahaan ini pun menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung masyarakat mewujudkan ide tersebut.

Pada 2019, Greenhouse untuk taman hidroponik tersebut sudah berdiri. Meski begitu, baru 3 warga yang berminat untuk menjadi petani di tempat tersebut. Lambat laun, jumlah petaninya semakin bertambah dan kini menjadi 20 orang. Mereka menanam pokcoy, selada air, seledri, dan cabai merah.

“Sudah ada 10 rangkaian pipa dengan 128 lubang tanaman sayur di setiap rangkaian. Setidaknya, satu rangkaian hidroponik bisa memproduksi 30 sampai 40 ikat sayuran dalam waktu satu setengah bulan,” cerita Kasiatun, salah seorang petani dari RT 1/3 Kelurahan Tegalreja.

Kini, taman hidroponik tersebut mampu menghasilkan omzet Rp500 ribu setiap kali panen. Warga juga senang karena lokasi tersebut sering kedatangan pengunjung dari daerah lain yang pengin melihat dan belajar secara langsung kegiatan warga. Stigma kampung kumuh dan penuh dengan kenakalan remaja pun hilang.

Kegiatan positif yang dilakukan warga Kampung KB Gadis di Kelurahan Tegalreja Cilacap ini memang pantas untuk ditiru ya, Millens. (Arie Widodo/E10).

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Jalan Thamrin dan Depok Semarang Wajib Parkir Elektronik; Bayar Uang Tunai Dilarang

10 Okt 2024

Pakai Satu Nomor WhatsApp di Dua Ponsel? Bisa!

10 Okt 2024

Libur Panjang, Polda Jateng Larang Bus Besar Naik ke Lokasi Wisata Dieng

10 Okt 2024

Mungkinkah Pengajuan Kembali (PK) Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Dikabulkan?

10 Okt 2024

Mengapa Windows 9 dan iPhone9 Nggak Pernah Eksis?

10 Okt 2024

Uniknya Sejarah Desa Gajahan Karanganyar, Konon Bekas Kandang Gajah Keraton

10 Okt 2024

Damkar Jepara Tangani 63 Kasus Evakuasi Reptil Sepanjang 2024, Mayoritas Piton

10 Okt 2024

Manfaat dan Tren Ginger Shot untuk Kesehatan

10 Okt 2024

Catatan Komnas HAM 2024: Kepolisian Paling Banyak Diadukan Masyarakat

11 Okt 2024

Segarnya Dawet Telasih Bu Hj Sipon, Melegenda di Pasar Gede Solo

11 Okt 2024

Serunya Jalan-Jalan Sambil Diintai 'Mata' Raksasa di Kota Sibiu

11 Okt 2024

Menggelegar, Seperti Apa Bahaya Suara 'Sound Horeg' bagi Telinga?

11 Okt 2024

Mengapa Menikah Muda Membawa Risiko Cepat Bercerai?

11 Okt 2024

Seru, Ratusan Siswa Belajar Menari dan Membatik di Museum Kartini

11 Okt 2024

PPDS Anestesi akan Dibuka Kembali, Undip Perbaiki Sistem

12 Okt 2024

Tertarik Investasi Emas di Antam? Yuk Simak Kelebihannya Terlebih Dahulu

12 Okt 2024

Pemakai QRIS Makin Banyak, Uang Tunai Bakal Nggak Laku?

12 Okt 2024

Viral Skincare Overclaim; Produk Nggak Berbahaya, tapi Nirmanfaat

12 Okt 2024

Akhirnya, Batas Usia dan Penampilan Menarik di Lowongan Kerja Kembali Digugat di MK

12 Okt 2024

Lenggak-lenggok Para Penari Cilik di Sanggar Padma Baswara Demak

12 Okt 2024