BerandaHits
Senin, 17 Mar 2024 13:06

Mungkin Nggak Sih Jamur Bisa Jamuran?

Apakah jamur juga bisa jamuran sehingga nggak lagi layak dikonsumsi? (lottemart)

Karena sama-sama satu keluarga jamur, apakah jamur yang bisa kita konsumsi juga bisa berjamur? Yuk simak penjelasannya dari para ahli berikut ini.

Inibaru.id – Mungkin nggak sih jamur bisa jamuran? Meski pertanyaannya terkesan konyol, namun karena jamur sering diolah jadi masakan yang enak, ada baiknya kita menganggapnya dengan serius. Soalnya, kalau ternyata jamur memang bisa jamuran karena nggak disimpan dengan baik, tentu kita nggak boleh memakannya, bukan?

Meski namanya sama-sama jamur, bukan berarti jamur nggak bisa jamuran, ya? Ternyata, jamur juga bisa lo terinfeksi jamur lainnya. Hal ini diungkap oleh National Center of Biotechnology Information. Alasannya, hal ini disebabkan oleh ada banyak jenis jamur yang ada di dunia.

Ukuran jamur bervarisi dari yang cukup besar hingga yang sangat kecil. Ada jamur yang aman dikonsumsi, namun juga ada yang berbahaya jika dimakan. Nah, jamur-jamur yang nggak bisa dikonsumsi ini bisa memicu datangnya masalah kesehatan atau bahkan kematian, lo.

Nah, jamur yang bisa dikonsumsi ini jika nggak disimpan dengan baik bisa terkena penyakit jamur. Istilah ilmiahnya adalah mikosis. Hal ini ternyata bukan hal yang aneh lo di alam liar. Pasalnya jamur memang cenderung sensitive dengan kelembapan, suhu, hingga kondisi sanitasi dari lingkungannya.

Kalau pada akhirnya terkena infeksi jamur, maka jamur yang bis akita konsumsi ini bisa mengalami pembusukan atau perbahan rasa, aroma, sampai teksturnya.

Jamur memang bisa jamuran. (Quora/

Layaknya pada bahan-bahan makanan yang jamuran, jamur yang jamuran juga punya ciri-ciri khas tertentu. Biasanya sih, yang paling terlihat adalah adanya bercak-bercak pada permukaan jamur. Jamur juga bisa berubah warna atau mengalami kemunculan lender, Millens.

Lantas, apakah ada cara agar jamur nggak mudah jamuran? Kalau soal ini, kamu harus pandai-pandai menyimpan jamur di dapurmu. Sebagai contoh, kamu nggak bisa asal memegang jamur yang akan kamu olah atau kamu simpan dulu. Pastikan untuk, ada baiknya kamu mencuci tangan sampai bersih sebelum menyentuhnya. O ya, saat memotong jamur, pastikan alat potong dan tatakan pemotongnya sudah bersih, ya?

Selain itu, kamu sebaiknya menyimpan jamur di tempat dengan suhu yang sejuk dan kondisi yang kering. Lemari es bisa jadi pilihan yang bijak kalau kamu pengin menyimpannya lama. Selain itu, jika sudah ada jamur dengan tanda-tanda mikosis, segera deh dibuang agar nggak menularkan kondisi tersebut ke jamur-jamur lainnya.

Jadi, sudah paham kan kalau jamur bisa jamuran, Millens. Pandai-pandai mengurusnya ya agar nggak sampai terjadi pada jamur yang pengin kamu masak. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT