BerandaInfografik
Kamis, 30 Mei 2018 09:13

Cek Daftar Kata Ini Sebelum Beli Baju di Online Shop

Daftar kata ampuh belanja fesyen online. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Bila kamu perhatikan, terdapat beberapa istilah yang digunakan penjual barang di online shop. Nah, berikut ada daftar istilah tersebut. Yuk, disimak!

Inibaru.id – Belanja online semakin marak dilakukan masyarakat. Ini karena banyak toko online yang menyediakan beragam keperluan, mulai dari alat dapur hingga pakaian. Nah, agar pembeli bisa mengira-ngira barang tersebut, penjual biasanya menambahkan keterangan di bawah gambar barang.

Hal itu juga berlaku di toko fesyen online, Millens. Para penjual biasanya menambahkan keterangan barang dengan menggunakan istilah-istilah tertentu. Supaya kamu nggak bingung dengan istilah-istilah itu, Inibaru.id merangkum beberapa istilah yang kerap digunakan dalam jual beli fesyen online.

Daftar istilah dalam belanja fesyen secara online. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Pertama, penjual biasanya mencantumkan ukuran baju. Mereka menggunakan istilah tertentu seperti fit to, LD, LP, LB, dan all size. Istilah Fit to digunakan untuk memberi keterangan baju sesuai dengan ukuran tubuh tertentu. Salah satu contoh, penjual biasanya menulis fit to L, artinya baju tersebut pas untuk ukuran L.

Sementara itu, istilah LD, LP, dan LB merupakan singkatan dari lingkar dada (LD), lingkar bahu (LB), dan lingkar pinggang (LP). Singkatan ini didigunakan penjual agar keterangan lebih singkat.

Selain istilah-istilah untuk menerangkan ukuran, ada juga istilah yang digunakan untuk menerangkan ketersediaan barang seperti ready stock, open order, dan hit and run. Ready stock berarti barang tersedia, open order berarti kamu harus memesan barang terlebih dahulu dan membayarnya baru setelah itu barang dibuatkan sesuai permintaan. Nah, untuk istilah hit and run ini biasanya digunakan untuk menerangkan barang yang nggak jadi dibeli pemesan alias pemesan kabur.

Bila ditelisik dari segi bahasa, penggunaan istilah dalam belanja online adalah hal yang lumrah. Ini karena keterangan tersebut secara tidak langsung adalah iklan yang bersifat persuasif. Bila membuat suatu iklan, bahasa yang digunakan hendaknya singkat, padat, dan jelas karena pembeli hanya membutuhkan informasi penting secara singkat tentang barang yang dijual. Secara psikologis, salah satu tipe pembeli juga ada yang nggak suka membaca caption terlalu panjang karena lelah. Wah, siapa nih yang termasuk dalam klub anti caption panjang? He-he (IB18/E04)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Rampcheck DJKA Rampung, KAI Daop 4 Semarang Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Jelang Nataru

4 Des 2025

SAMAN; Tombol Baru Pemerintah untuk Menghapus Konten, Efektif atau Berbahaya?

4 Des 2025

Ketua DPRD Jateng Sumanto Resmikan Jalan Desa Gantiwarno, Warga Rasakan Perubahan Nyata

4 Des 2025

Harga Gabah Naik, Sumanto Ajak Petani Jalan dengan Kepala Tegak

3 Des 2025

Cara Bikin YouTube Recap, YouTube Music Recap, dan Spotify Wrapped 2025

5 Des 2025

Data FPEM FEB UI Ungkap Ribuan Lulusan S1 Putus Asa Mencari Kerja

5 Des 2025

Terpanjang dan Terdalam; Terowongan Bawah Laut Rogfast di Nowegia

5 Des 2025

Jaga Buah Hati; Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai hingga Awal 2026!

5 Des 2025

Gajah Punah, Ekosistem Runtuh

5 Des 2025

Bantuan Jateng Tiba di Sumbar Setelah 105 Jam di Darat

5 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: