BerandaHits
Minggu, 26 Jul 2025 11:01

Menjelajah Jepang Lewat Rasa KitKat yang Khas di Setiap Prefektur

KitKat di Jepang menawarkan banyak rasa khas di setiap prefektur. (Japandaily)

Ada KitKat rasa wasabi, ada Kitkat rasa ubi ungu, dan lain-lain. Di Jepang, KitKat mampu menyajikan rasa khas dari setiap prefektur sehingga membuat camilan cokelat ini jadi oleh-oleh nggak resmi bagi para turis yang datang ke sana.

Inibaru.id - Kalau kamu pernah jalan-jalan ke Jepang, pasti tahu dong kalau KitKat di sana bukan sekadar camilan cokelat biasa. Di Negeri Sakura ini, KitKat hadir dalam beragam rasa yang mungkin belum pernah kamu lihat di Tanah Air seperti rasa wasabi, sake, hingga ubi ungu!

Uniknya lagi, hampir setiap prefektur (semacam provinsi) di Jepang punya rasa KitKat khas yang mewakili identitas daerahnya. Artinya KitKat bukan cuma camilan yang manis di lidah, tapi juga kaya cerita budaya.

KitKat memang sudah jadi bagian dari budaya pop Jepang. Tapi bagaimana bisa cokelat batangan ini berubah jadi simbol daerah dan bahkan suvenir wajib nggak resmi bagi turis asing? Jawabannya ada di perpaduan pintar antara inovasi, identitas lokal, dan sedikit keberuntungan.

Dari Camilan Biasa Menjadi Simbol Sukses

Kalau menurut keterangan Japandaily, (24/6/2025), KitKat sudah masuk ke pasar Jepang pada tahun 1973. Namun, popularitasnya baru benar-benar meledak saat Nestlé Jepang menyadari sebuah kebetulan yang manis, yaitu “KitKat” terdengar mirip dengan kitto katsu (きっと勝つ), frasa Bahasa Jepang yang berarti “pasti menang.”

Frasa ini sering digunakan sebagai penyemangat, terutama untuk siswa yang sedang menghadapi ujian. Sejak saat itu, KitKat bukan cumad dibeli sebagai camilan, tapi juga menjadi jimat keberuntungan yang diberikan orang tua untuk anak-anaknya.

Rasa Daerah yang Punya Cerita

KitKat di Jepang punya begitu banyak varian rasa yang menarik untuk dicoba. (Wami-japan)

Berangkat dari kecintaan orang Jepang terhadap produk lokal, Nestlé Jepang mulai mengembangkan KitKat dengan rasa khas tiap prefektur. Tujuannya? Mengangkat kekayaan kuliner daerah sekaligus menciptakan pengalaman unik lewat satu gigitan manis.

Sebagai contoh, di Prefektur Shizuoka, ada KitKat rasa wasabi yang menawarkan rasa pedas segar dari wasabi asli daerah ini yang dipadukan dengan cokelat putih. Sementara itu, di Prefektur Niigata yang dikenal dengan produksi minuman sake, ada KitKat dengan rasa sake yang elegan dan aroma yang lembut.

Di Prefektur Kagoshima, ada KitKat dengan varian ubi ungu yang menghadirkan rasa manis alami dan tekstur lembut dari ubi khas selatan Jepang. Ada juga varian KitKat lain seperti matcha dari Kyoto, apel dari Aomori, hingga kacang merah dari Hokkaido. Setiap varian KitKat ini seperti mengajak kita “berkeliling” Jepang lewat indera pengecap.

Koleksi Rasa yang Bikin Ketagihan

KitKat edisi daerah ini nggak dijual sembarangan, lo. Biasanya hanya tersedia di prefektur asalnya atau di bandara tertentu. Hal ini justru menambah nilai eksklusif dan jadi alasan kenapa banyak orang berburu KitKat saat traveling. Ada juga yang sengaja mengoleksi semua rasa, layaknya koleksi perangko atau kartu pos.

Musim juga jadi inspirasi unik. Saat sakura mekar, KitKat rasa bunga sakura hadir dalam kemasan cantik. Musim dingin? Siap-siap disambut rasa chestnut panggang atau rum raisin yang hangat di lidah. Kreatif banget, kan?

Apa yang membuat KitKat Jepang begitu spesial adalah keberaniannya bermain rasa tanpa melupakan akar budaya. Nestlé Jepang tidak asal pilih rasa. Mereka melakukan riset dan bekerja sama dengan produsen lokal agar rasa yang dihasilkan benar-benar mencerminkan daerah tersebut.

Contohnya, rasa apel Shinshu dari Nagano yang memakai buah asli dari daerah itu, atau rasa yatsuhashi dari Kyoto yang terinspirasi dari mochi kayu manis lokal. Inovasi ini tidak hanya membuat KitKat jadi menarik, tapi juga jadi “jendela kecil” untuk mengenal Jepang lebih dalam.

Lebih dari Sekadar Cokelat

KitKat di Jepang adalah contoh sempurna bagaimana sesuatu yang sederhana bisa jadi luar biasa. Lewat cokelat, Nestlé berhasil menciptakan koneksi emosional, membangun kebanggaan lokal, dan memberi pengalaman rasa yang tak terlupakan.

Jadi, kalau kamu ke Jepang, jangan lupa cicipi KitKat khas daerah yang kamu kunjungi. Siapa tahu, gigitan kecil itu bisa membawa kamu pada cerita besar tentang rasa, budaya, dan keunikan Jepang yang tak habis-habisnya, Gez! (Arie Widodo/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: