BerandaHits
Senin, 25 Agu 2024 12:54

Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Bulat?

Jendela pesawat berbentuk bulat. (Gulfstream)

Kamu tentu pernah melihat unggahan media sosial orang lain berupa foto dari jendela pesawat. Kepikiran nggak kenapa jendela pesawat berbentuk bulat? Ini alasannya, Millens.

Inibaru.id – Salah satu jenis foto yang kerap ditunjukkan orang-orang yang lagi liburan adalah foto jendela pesawat yang sedang terbang. Terkadang, foto tersebut dilengkapi dengan sayap pesawat. Tapi, pernah kepikiran nggak di foto tersebut, jendela pesawat berbentuk bulat atau oval?

Sama-sama bisa terbang, jendela helikopter mirip dengan mobil. Bisa jadi, bentuk jendela pesawat yang bulat ini lebih mirip dengan jendela kapal selam yang juga bulat.

Buat kamu yang nggak tahu, saat kali pertama pesawat mulai dipakai manusia, jendelanya kotak seperti di kendaraan road empat. Kala itu, jendela ini sudah dianggap aman karena pesawat nggak terbang terlalu tinggi dan terlalu jauh. Tapi, seiring dengan perkembangan teknologi, pesawat bisa terbang lebih tinggi dan lebih jauh. Dampaknya, tekanan udara yang didapat badan pesawat pun jadi jauh lebih besar.

Memangnya apa sih alasan pesawat harus terbang tinggi-tinggi? Ternyata turbulensi udara di ketinggian jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan di area udara yang lebih rendah. Hal ini membuat pesawat bisa terbang dengan lebih leluasa dan akhirnya nggak boros bahan bakar deh.

Jendela pesawat modern berbeda dengan jendela pesawat zaman dahulu yang berbentuk kotak. (Unsplash/ Ramon Kagie)

Nah, demi memastikan pesawat aman saat diterbangkan setinggi-tingginya, pembuat pesawat pun berusaha sebaik mungkin membuat badan pesawat tahan tekanan udara ekstrem dari luar. Tapi, mereka juga pengin membuat penumpang tetap bisa melihat pemandangan ke luar. Otomatis, bagian jendela pesawat pun diperhatikan betul-betul agar nggak mudah jebol atau rusak saat pesawat diterbangkan.

Desain jendela pesawat pun diubah dari yang awalnya kotak jadi bulat atau oval. Alasannya, dengan memakai bentuk ini, semua sisi jendela bisa dipastikan kekuatannya merata. Beda cerita jika jendelanya kotak, ujung jendela rentan mendapatkan tekanan berlebihan yang akhirnya bisa bikin jendela pecah, deh.

Sayangnya, para pembuat pesawat baru menyadari pentingnya bentuk jendela ini setelah dua kecelakaan pesawat terjadi akibat pecahnya jendela berbentuk kotak.

“Banyak yang nggak menyadari jika jendela pesawat modern kini terdiri atas tiga lapisan. Nah, di antara lapisan-lapisan tersebut, ada semacam lubang kecil untuk menyeimbangkan tekanan udara pada panel terluar dan lapisan tengah. Keseimbangan tekanan udara ini jadi salah satu kunci kekuatan dan keamanan jendela pesawat,” ucap Direktur Teknologi GKN Aerospace Marlowe Moncur sebagaimana dilansir dari Nationalgeographic, Minggu (11/9/2022).

Setidaknya kita jadi tahu ya alasan jendela pesawat berbentuk bulat atau oval. Omong-omong, kamu sudah pernah mengambil foto dari jendela pesawat nggak, nih, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT