BerandaKulinary
Rabu, 3 Sep 2024 09:09

Wisata Kuliner Mantap di Nasi Ayam Bu Wido Semarang

Nasi ayam Bu Wido, kuliner legendaris di Semarang. (Tripadvisor/Ed Henry)

Bentuk warungnya masih sederhana, tapi, penganan yang tersedia di Nasi Ayam Bu Wido dianggap sudah masuk level legenda!

Inibaru.id – Dalam beberapa tahun belakangan, Kota Semarang semakin dilirik sebagai destinasi wisata. Selain karena Kota Lama-nya yang unik atau city light-nya yang ga ada duanya, wisata kuliner di Semarang juga kaya dengan penganan menarik. Nah, salah satu tempat yang bisa kamu tuju saat berada di sana adalah Nasi Ayam Bu Wido.

Lokasinya ada di Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah. Dari Simpang Lima, kamu tinggal berkendara atau jalan kaki sejauh 800 meter melalui Jalan Gajah Mada dan bakal menemukan warung makan sederhana yang ada persis di depan dealer kendaraan roda empat tersebut.

Tapi, di balik kesederhanaan bentuk warungnya, penganan yang disajikan di sana juara. Warga setempat bahkan sudah memasukkannya dalam daftar kuliner legenda, lo!

Nasi Ayam Bu Wido menyajikan nasi ayam khas Semarang yang sekilas tampilannya mirip dengan nasi liwet khas Solo. Tapi, nasi ayam di sana cenderung lebih gurih dengan lauk sayur jipang alias labu siam dan krecek yang pedas dan gurih.

Di warung yang hanya buka dari pukul 16.00 WIB sampai 23.00 WIB ini, nasi ayamnya hanya dibanderol Rp 12 ribu per porsi. Karena rasanya enak dan murah meriah, wajar kan jika setiap hari Bu Wido mampu menjual sampai 200 porsi pada akhir pekan?

Warung Nasi Ayam Bu Wido yang masih sederhana. (Google Street View)

Nggak hanya makanan utamanya yang enak, lauk yang disediakan juga menarik, khususnya aneka satai seperti satai telur, satai telur puyuh, satai ati, satai jeroan, hingga satai kulit. Harga satainya juga tetap terjangkau, yaitu Rp4 ribuan per tusuk. Ada juga lauk lain seperti martabak atau kerupuk.

Ini langganan ayah dan ibu saya karena nasi ayamnya disajikan dengan alas daun pisang jadi kerasa tradisionalnya. Tempat makannya masih sama sejak dulu, bersih, dan sedikit panas. Yang pasti, nasi ayamnya enak dengan bumbu yang medok. Tapi porsinya kecil. Kalau mau beneran kenyang bisa pesan 2 porsi,” tulis salah seorang pengulas di Google yang datang ke sana pada pertengahan Agustus 2024, Adi Wijaya.

Buat yang suka masakan jawa wajib banget mampir ke sini. Sedap makanannya. Saya sarankan ke sini pas sore agar antrenya nggak terlalu lama,” saran pengulas Google yang datang ke sana pada awal Agustus 2024, Putri RSL.

Dari statusnya yang melegenda dan ulasan-ulasan yang positif tentang tempatnya, sepertinya memang wajib untuk didatangi. Selain buka di Jalan Melati Selatan, kamu juga bisa menemukan warung Nasi Ayam Bu Wido di Jalan Karanganyar nomor 29B, Millens. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT