BerandaTradisinesia
Kamis, 3 Jan 2024 09:33

Pondasi Jembatan Rel di Kedungpatangewu, Saksi Bisu Jalur Kereta Pekalongan-Kedungwuni

Pondasi jembatan rel kereta zaman Belanda yang teronggok di Kedungpatangewu. (Googlestreetview)

Banyak orang yang nggak tahu kalau selain jalur kereta utama yang melewati Kota Pekalongan dan eksis hingga sekarang, dulu ada jalur kereta lainnya antara Pekalongan dan Kedungwuni. Sayangnya, jalur ini sudah lama tutup sejak masa penjajahan Jepang.

Inibaru.id – Kalau kamu melewati jembatan gantung Kali Cakra yang ada di Desa Kedungpatangewu, Kecamtan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, bakal melihat pondasi jembatan lawas yang sudah nggak digunakan. Banyak orang yang nggak tahu kalau dulu itu adalah pondasi jembatan kereta api pada masa penjajahan Belanda, Millens.

Karena dilintasi jalur kereta utama di sisi utara Pulau Jawa, kebanyakan orang berpikir kalau itu adalah satu-satunya jalur kereta yang eksis di Pekalongan. Padahal, pada masa kolonial, ada jalur kereta lain yang beroperasi di sana, yaitu jalur Pekalongan-Wonopringgo.

Beda dengan jalur kereta utama yang lebih banyak digunakan untuk mengangkut manusia, jalur kereta api yang kini sudah nggak ada ini jadi lebih sering dipakai sebagai pengangkut hasil produksi gula dari Pabrik Gula Wonopringgo. Pabrik gula ini sudah nggak berbekas dan diduga berada di lokasi yang kini jadi markas Batalyon Infanteri 407/Kompi Senapan C.

Menurut arsip yang berasal dari harian Algemeen Handelsblad yang terbit pada 25 Oktober 1913, Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS) mendapatkan hak untuk membangun sekaligus mengoperasikan jalur kereta api yang bisa dinaiki barang dan orang dari Wonopringgo, melewati Kedungwuni, dan tiba di Stasiun Pekalongan. Pembangunan jalur kereta api ini dikabarkan selesai 3 tahun kemudian dan mulai beroperasi pda 7 Februari 1916.

Hanya Beroperasi 27 Tahun

Jembatan rel kereta tersebut pada masa penjajahan Belanda. (KITLV 17013)

“Pada awal abad ke-20, Pekalongan sangat ramai dan jadi pusat perdagangan. Di sini, semua jenis transportasi bisa ditemui. Jalur kereta apinya bahkan dulu sampai pelabuhan agar gula dari Wonopringgo bisa dikirim lewat kapal,” ujar salah seorang sejarawan Pekalongan Arief Dirhamsyah sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Jumat (29/5/2020).

Sayangnya, jalur tersebut hanya beroperasi kurang lebih 27 tahun. Pendudukan Jepang di Tanah Air membuat proses produksi pabrik gula terhambat. Setelah Indonesia Merdeka, kondisinya juga nggak kunjung membaik hingga pabrik tersebut akhirnya benar-benar tutup.

Yang lebih ironis, nggak hanya bekas pabriknya yang sudah lenyap, jalur keretanya juga hilang. Pada masa penjajahan Jepang, banyak rel-rel kereta yang dibongkar untuk kebutuhan pembangunan jalur kereta di jajahan Jepang lain di Asia Tenggara, tepatnya Burma (kini Myanmar). Jembatan rel kereta yang ada di Kedungpatangewu juga mengalami nasib serupa.

“Yang tersisa kini tinggal ceritanya saja,” ungkap Dirham.

Sangat disayangkan ya, melihat sisa-sisa jalur kereta Pekalongan-Kedungwuni, Millens? Tapi, setidaknya kita tahu kalau penyebabnya bukan karena kita yang nggak bisa menjaganya. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

KPU Jateng Fasilitasi Debat Cagub-Cawagub Tiga Kali di Semarang

4 Okt 2024

Masih Berdiri, Begini Keindahan Bekas Kantor Onderdistrict Rongkop Peninggalan Zaman Belanda

4 Okt 2024

Gen Z Cantumkan Tagar DESPERATE di LinkedIn, Ekspresikan Keputusasaan

4 Okt 2024

Sekarang, Video Call di WhatsApp Bisa Pakai Filter dan Latar Belakang!

4 Okt 2024

Mengapa Banyak Anak Muda Indonesia Terjerat Pinjol?

4 Okt 2024

Ini Waktu Terbaik untuk Memakai Parfum

4 Okt 2024

Wisata Alam di Pati, Hutan Pinus Gunungsari: Fasilitas dan Rencana Pengembangan

4 Okt 2024

KAI Daop 4 Semarang Pastikan Petugas Operasional Bebas Narkoba Lewat Tes Urine

4 Okt 2024

Indahnya Pemandangan Atas Awan Kabupaten Semarang di Goa Rong View

5 Okt 2024

Gelar HC Raffi Ahmad Terancam Nggak Diakui, Dirjen Dikti: Kampusnya Ilegal

5 Okt 2024

Kisah Pagar Perumahan di London yang Dulunya adalah Tandu Masa Perang Dunia

5 Okt 2024

Penghargaan Gelar Doktor Honoris Causa, Pengakuan atas Kontribusi Luar Biasa

5 Okt 2024

Ekonom Beberkan Tanda-Tanda Kondisi Ekonomi Indonesia Sedang Nggak Baik

5 Okt 2024

Tembakau Kambangan dan Tingwe Gambang Sutra di Kudus

5 Okt 2024

Peparnas XVII Solo Raya Dibuka Besok, Tiket Sudah Habis Diserbu dalam 24 Jam

5 Okt 2024

Pantura Masih Pancaroba, Akhir Oktober Hujan, Masyarakat Diminta Jaga Kesehatan

6 Okt 2024

Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending

6 Okt 2024

Menikmati Keseruan Susur Gua Pancur Pati

6 Okt 2024

Menilik Tempat Produksi Blangkon di Gunungkidul

6 Okt 2024

Hanya Menerima 10 Pengunjung Per Hari, Begini Uniknya Warung Tepi Kota Sleman

6 Okt 2024