inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Indahnya Black Canyon Petungkriyono, Wisata Alam dari Pekalongan
Minggu, 16 Jul 2023 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Black Canyon Petungkriyono. (Kotomono/Erina_Mutia)

Black Canyon Petungkriyono. (Kotomono/Erina_Mutia)

Pengin wisata alam yang masih asri? Datang saja ke Black Canyon Petungkriyono, Pekalongan. kamu bisa ngapain aja ya di tempat wisata ini?

Inibaru.id – Pekalongan lebih dari sekadar wisata batik. Di sana, kamu juga bisa menemukan banyak lokasi wisata lain yang nggak kalah menarik. Salah satu di antaranya adalah Black Canyon Petungkriyono.

Jangan bayangkan Black Canyon ini seperti Brown Canyon di Kota Semarang yang gersang dan dibuat dengan merusak alam. Black Canyon Petungkriyono adalah wisata alam yang masih asri. Pemilihan nama Black juga berasal dari tebing batu dengan warna hitam pekat yang ada di sisi sungai. Dijamin memanjakan mata, deh.

O ya lokasi dari tempat wisata ini ada di aliran Sungai Welo, Desa Kayupring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Kalau kamu dari Kota Pekalongan, tinggal berkendara selama 30 menit dan bisa mencapainya.

Lantas, apa yang bisa kamu nikmati di tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Kedung Sipingit ini?

Bayangkan saja aliran sungai yang jernih dan segar khas air pegunungan dipadukan dengan tebing batu alami. Sangat cantik, bukan? Ditambah dengan masih hijaunya alam sekitar, dijamin bikin kamu langsung nggak ragu lagi untuk menceburkan diri ke air dan berlama-lama di sana, deh.

Kamu bisa bermain air sepuasnya di Black Canyon Petungkriyono. (KSMTour)
Kamu bisa bermain air sepuasnya di Black Canyon Petungkriyono. (KSMTour)

Omong-omong, Kedung Sipingit ini cukup dalam, lo. Pada musim kemarau saja kedalaman airnya bisa mencapai 3,5 meter. Kalau saat musim hujan, kedalamannya bahkan bisa mencapai 5-7 meter. Oleh karena itulah, aliran sungai ini bisa dipakai untuk river tubing, body rafting, serta river trakking. Kalau kamu mahir berenang, juga bisa lo berenang sepuasnya di sana.

Lebih dari itu, kamu juga bisa lo melakukan fun camp. Kalau pengin menginap di homestay, juga tersedia di Dusun Tinalum. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Black Canyon sampai puas, deh.

Omong-omong, berapa ya tarif untuk memasuki wisata alam ini? Nggak mahal, Millens. Cuma Rp5 ribu per orang. Tapi, biaya ini masih di luar biaya parkir, sewa spot camping di fun camp area sebesar Rp10 ribu, serta biaya sewa peralatan pelampung atau river tubing Rp10 ribu.

Kalau kamu mau main ke tempat wisata ini, pastikan kendaraanmu berada dalam kondisi prima karena jalan untuk menuju ke sana naik turun dan meliuk-liuk. Selain itu, pastikan untuk mengetahui jam bukanya, yaitu pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB pada Senin sampai Kamis. Sementara untuk Jumat – Minggu, jam bukanya pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Jadi, kapan nih kita menikmati keindahan Black Canyon Petungkriyono Pekalongan, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved