inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Menapak Sejarah Boyolali di Lodji Papak
Selasa, 11 Jul 2023 18:02
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Lodji Papak, bangunan peninggalan Belanda di Juwangi, Boyolali. (FB/Boyolalismartcity)

Lodji Papak, bangunan peninggalan Belanda di Juwangi, Boyolali. (FB/Boyolalismartcity)

Di Kecamatan Juwangi, Boyolali, Jawa Tengah, ada sebuah bangunan peninggalan Belanda yang menghadap ke rel kereta api. Bangunan tersebut masih digunakan hingga sekarang, lo. Namanya Lodji Papak.

Inibaru.id – Nggak cuma Semarang atau Solo yang punya bangunan bersejarah dari masa kolonial, Boyolali juga. Salah satu yang cukup populer di Kota Susu adalah Lodji Papak, sebuah rumah yang bisa kamu temui di kawasan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa, Kecamatan Juwangi.

Kalau menurut keterangan Kepala Sub Seksi Kepatuhan dan Komunikasi Perusahaan KPH Telawa Sri Isnaini, bangunan tersebut masih dipakai sebagai rumah dinas Kepala KPH Telawa.

“Iya, kalau menurut yang saya tahu rumah ini dibangun pada 1911. Semua yang ada di dalamnya masih utuh dan asli sejak dulu. Kalau tegel keramik di depan memang diperbaiki sedikit. Sekarang Lodji papak berstatus cagar budaya,” ucapnya sebagaimana dilansir dari Solopos, Kamis (3/3/2022).

Terkait dengan nama Lodji Papak, Sri pun menjelaskan bahwa Lodji adalah sebutan bagi sebuah gedung besar atau perkantoran pada zaman penjajahan Belanda. Sementara itu, kata Papak diambil dari kata Bahasa Jawa yang berarti datar. Hal ini merujuk pada bagian atas bangunan tersebut.

“Kabarnya sih pada bagian atas yang papak itu dipakai orang Belanda mengawasi orang-orang yang bekerja mengelola hasil hutan,” ucap Sri sebagaimana dikutip dari Perhutani, Kamis (3/3).

Sebelum kembali dipakai sebagai rumah dinas, Lodji Papak sempat dibuka untuk umum, tepatnya pada 2017 sampai 2022, Millens. Meski begitu, kini masih ada sejumlah wisatawan yang mengambil foto atau sekadar duduk-duduk di tangga depan rumah. Maklum, bangunannya memang instagrammable banget.

Lodji Papak di Juwangi, Boyolali. (Plesirankuliner.com)
Lodji Papak di Juwangi, Boyolali. (Plesirankuliner.com)

Yang menarik, bangunan ini sempat terbengkalai dan nggak terawat selama bertahun-tahun hingga akhirnya dipakai sebagai lokasi syuting film horor yang berjudul Kuburan Dalam Rumah. Film ini dibintangi sejumlah selebritas ternama seperti Wulan Guritno dan Yuki Kato.

“Syutingnya Desember 2018. Sekitar dua minggu,” cerita warga setempat, Lastri sebagaimana dilansir dari Tribunjateng, Selasa (25/6/2019).

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Loji Papak, harus cermat-cermat memilih kendaraan ya? Kalau punya kendaraan sendiri, tentu akan lebih mudah mencapainya karena lokasinya cukup jauh dari mana-mana. Dari pusat Kota Boyolali, jaraknya sekitar 37 kilometer, sementara dari Purwodadi, jaraknya sekitar 31 kilometer. Kalau kamu dari Kecamatan Gubug, Grobogan, jaraknya sekitar 30 kilometer.

Satu hal yang pasti, kalau sudah menemukan Lodji Papak, kamu bisa foto-foto lalu bersantai di depannya atau kafe di dekatnya sembari melihat pemandangan kereta api lewat di rel yang ada persis di depan bangunan tersebut. Menarik banget, ya?

Jadi, kapan nih main ke Lodji Papak, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved