BerandaHits
Jumat, 20 Jun 2024 14:00

Batasi Turis Asing, Tiket Kastil Himeji di Jepang akan Naik 4 Kali Lipat

Tiket Kastil Himeji bakal naik 4 kali lipat. (Wikipedia/663highland)

Masalah kebanyakan turis asing nggak bertanggung jawab makin meresahkan Jepang. Pemerintah setempat bahkan sampai terpikir untuk membuat harga tiket Kastil Himeji jadi jauh lebih mahal.

Inibaru.id – Sudah pernah dengar kan informasi tentang ditutupnya pemandangan Gunung Fuji di minimarket yang ada di Jepang gara-gara lokasi tersebut terus didatangi turis asing yang nggak bertanggung jawab? Nah, pemerintah Jepang kembali berencana membuat peraturan kontroversial untuk menangani masalah serupa, yaitu membuat harga tiket Kastil Himeji naik 4 kali lipat!

Buat kamu yang nggak tahu, Kastil Himeji bisa kamu lihat di Himeji, Prefektur Hyogo yang berjarak kurang lebih 566 kilometer ke arah barat dari Tokyo. Kastil ini dibangun pada 1333 dan kerap terlihat di foto-foto atau video promosi wisata Jepang. Bahkan, kastil ini jadi salah satu tempat syuting film James Bond: You Only Live Twice (1967).

Per data 2023, setidaknya lebih dari 1,4 juta orang mengunjungi kastil tersebut. Lebih dari 400 ribu di antaranya adalah turis asing. Masalahnya, beda dengan wisatawan lokal yang mengunjungi kastil tersebut dengan mengetahui budaya, tradisi, dan fungsinya sehingga bisa ikut menjaga kelestarian kastil yang juga dikenal dengan nama Kastil Bangau Putih ini, banyak wisatawan asing yang melakukan tindakan asal-asalan yang bisa merusak lingkungan.

Walikota Himeji Hideyasu Kiyamoto sudah mengungkap rencana kenaikan harga tiket masuk Kastil Himeji untuk orang asing. Alasannya, agar nggak semua turis asing bisa memasuki kastil tersebut.

Jepang mengalami masalah overpopulasi wisatawan dalam beberapa tahun belakangan. (Wikipedia/Bernard Gagnon)

“Rencananya, kami akan kenakan biaya 4.735 Yen atau 30 Dollar AS (Rp490 ribuan) bagi turis asing yang pengin masuk ke Kastil Himeji. Kalau turis lokal hanya 789 Yen atau 5 Dollar AS (Rp 81 ribuan) saja,” ucap Kiyamoto sebagaimana dilansir dari Japanesestation, Senin (17/6/2024).

Selain untuk mengurangi jumlah wisatawan asing, meningkatnya harga tiket Kastil Himeji diharapkan bisa membuat dana restorasi dan perbaikan kastil jadi lebih banyak. Maklum, karena usianya yang sudah ratusan tahun, kastil ini tentu membutuhkan dana perawatan yang nggak sedikit.

Asal kamu tahu saja, Kastil Himeji adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jepang selain pemandangan Gunung Fuji, distrik Geisha di Kyoto, atau pusat kota Tokyo. Kastil ini bakal dijejali wisatawan yang pengin melihat keindahan bunga sakura pada musim semi. Selain waktu tersebut, kastil ini juga bakal dipenuhi wisatawan saat Golden Week musim panas.

Kalau kamu pengin berkunjung ke Kastil Himeji, pastikan untuk menyiapkan dana lebih banyak untuk tiket masuknya, ya? Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan nggak merusak lingkungan kastilnya. Setuju? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT