BerandaKulinary
Selasa, 7 Okt 2024 09:31

Segarnya Es Wedang Ronde Pak No Jepara

Es Wedang Ronde di Warung Es Pak No depan SMP Negeri 1 Jepara. (Gistara/Kunjari Ali)

Siapa bilang wedang ronde hanya enak disajikan dalam kondisi hangat? Di Warung Es Pak No yang ada di depan SMP Negeri 1 Jepara, kamu bisa mencicipi es wedang ronde yang segar dan mantap!

Inibaru.id – Terkadang, tempat kuliner yang ada di depan sekolah punya cita rasa yang melegenda. Hal inilah yang berlaku di Warung Es Pak No yang berlokasi persis di depan SMP Negeri 1 Jepara yang berlokasi di Jalan Sersan Sumirat. Di sana, ada es wedang ronde yang cukup populer di kalangan pencinta wisata kuliner Kota Ukir, Millens.

Wedang ronde dikenal sebagai minuman hangat yang cocok diminum di kala hujan atau malam hari. Tapi, di Warung Es Pak No, justru disajikan dengan es. Meski berbeda dengan pakem aslinya, nyatanya rasa dari es wedang ronde yang disajikan di sana jadi istimewa.

“Awal mula saya menyajikan minuman ini gara-gara ada pelanggan yang kepanasan dan minta wedang rondenya disajikan dingin dengan es batu. Dia bilang ‘gawe atis ae’ (dibikin dingin saja). Nggak disangka ternyata banyak orang yang kemudian menyukainya. Akhirnya malah jadi yang paling dicari di sini,” ucap pemilik warung tersebut, Suratno, sebagaimana dilansir dari Gistara, (13/11/2023).

Suratno bukanlah asli Jepara, melainkan Sukoharjo, Jawa Tengah. Dia merantau ke Jepara menjadi penjual bakso dan rujak keliling pada 1994. Setelah mendapatkan rezeki, laki-laki yang kini berusia 53 tahun tersebut membuka warung sederhana di depan SMP N 1 Jepara setahun setelahnya. Di tahun yang disebut terakhir itulah, dia mulai menjual es wedang ronde.

Warung Es Pak No yang masih sederhana. (Google Street View)

Meski es wedang ronde jadi yang paling dicari warga Jepara yang dikenal punya suhu panas menyengat karena ada di kawasan pesisir, masih banyak pelanggan yang mencari wedang ronde hangat. Apalagi saat musim hujan di mana suhu udara lebih sejuk dari musim kemarau.

“Saya masih menyediakan wedang ronde hangat. Ini ada menu es wedang ronde karena kan Jepara cuacanya panas di daerah pesisir,” ucapnya sebagaimana dinukil dari Betanews (29/9/2024).

Selain es wedang ronde dan ronde hangat, Suratno juga menyediakan es campur di warung yang buka setiap hari dari pukul 08.30 WIB sampai 17.00 WIB tersebut. Soal harga, wedang ronde baik itu hangat maupun dingin dibanderol Rp8 ribu, sementara untuk es campur dia banderol Rp6 ribu saja.

Untuk ukuran minuman legendaris, murah banget ya harga es wedang ronde di Warung Es Pak No? Yuk kapan kita mencicipinya langsung di Jepara, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT