BerandaKulinary
Selasa, 18 Mar 2024 17:00

Kue Briket, Kudapan Hitam Manis yang Viral di Korea

Roti briket, kuliner yang sedang viral di Korea. (YouTube/King Food)

Bukan sebagai bahan bakar untuk pemanas ruangan, kue briket justru dikenal sebagai kudapan hitam manis yang viral di Korea.

Inibaru.id – Nggak hanya di Indonesia, masyarakat Korsel juga acap menciptakan tren kuliner aneh-aneh. Nah, salah satu tren kuliner yang belakangan tengah ngetren di sana adalah kue briket. Eits, tapi jangan bayangin kue ini benar-benar terbuat dari briket batu bara ya.

Yap, hanya bentuknya yang menyerupai briket, kok. Warnanya hitam, berbentuk silinder dengan rongga-rongga di tengahnya. Kemiripan bentuk kue dengan briket itulah yang membuatnya viral di Negeri Gingseng, khususnya di kalangan anak muda.

Oya, perlu kamu tahu, briket adalah salah satu bahan bakar yang cukup penting di Korea. Umumnya, mereka menggunakannya sebagai pemanas ruangan. Untuk negara empat musim, pemanas ruangan adalah perangkat penting yang harus ada di tiap rumah saat musim dingin tiba.

Kebanyakan briket yang dijual di pasaran berupa blok berbentuk roda atau silinder dengan sejumlah lubang di dalamnya. Karena ukurannya cukup besar, briket bisa menyala dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penjualan kue briket melonjak tajam di Korea dalam beberapa pekan belakangan. (Naver/Wang Jin-ha)

Di balik fungsinya yang begitu penting di Korea, popularitas briket justru meroket lantaran acap dipakai orang untuk bunuh diri, termasuk kisah kelam dua selebritas Korsel aktor Lee Sung-kyun dan personel Shinee Jonghyun yang mengakhiri hidup dengan membakar briket di ruang tertutup.

Meski populer karena hal negatif, kita tentu jadi mengetahui mengapa kue briket bisa cepat viral di sana. Terlebih, kue yang diproduksi oleh bakeri lokal bernama CU ini juga berharga cukup terjangkau bagi orang sana, yaitu hanya 3.600 won atau sekitar Rp42 ribu.

Hanya butuh waktu dua minggu bagi toko tersebut untuk menjual lebih dari 70 ribu kue briket ke seluruh Korsel. Artinya, mereka rata-rata mampu menjual lebih dari 226 kue per jam. Benar-benar penjualan yang gila-gilaan ya, Millens?

Untuk bisa menjual sebanyak itu, mereka sengaja hanya menyediakan kue briket di gerai CU alih-alih menjualnya di minimarket atau supermarket. Rupanya strategi "nggak bisa didapatkan di sembarang tempat" inilah yang membuat orang Korea jadi ikutan FOMO untuk mencicipinya.

Strategi pemasaran eksklusif itu untungnya ditopang oleh rasa kue yang memang oke. Bahan baku pembuatannya juga cukup unik, misalnya warna hitam yang berasal dari tinta cumi. Perpaduan rasa dan strategi marketing yang baik inilah yang membuat orang mau membelinya ulang.

Duh, jadi penasaran untuk mencicipinya juga nggak, sih? Bakal dijual di Indonesia juga nggak ya? (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: