BerandaHits
Jumat, 30 Mei 2024 11:11

Riset Ungkap Perbedaan Wajah Orang Kaya dan Miskin

Menurut penelitian, kaya atau miskin bisa terbaca dari wajah. (Istimewa)

Nggak hanya tampak dari penampilannya, orang kaya atau miskin juga bisa dibaca dari wajahnya. banyak riset yang mengungkap perbedaan wajah orang kaya dengan miskin.

Inibaru.id - Pada perjumpaan pertama, benarkah kita sudah bisa menduga seseorang itu kaya atau miskin? Seharusnya tentang isi rekening seseorang nggak bisa kita tebak hanya dengan memandang wajahnya saja ya, Millens? Tapi, mungkin secara nggak sadar kita bisa menebak apakah seseorang itu banyak duit dengan melihat bentuk muka.

Sebuah riset menyatakan bahwa orang kaya nggak cuma terlihat dari penampilannya saja, tapi juga wajah. Studi yang dipublikasikan di Jurnal of Personality and Social Psychology yang terbit pada tahun 2018 telah membuktikan bahwa status ekonomi dan kelas sosial seseorang dapat dilihat dari raut wajahnya.

Dalam studi tersebut, para peneliti memilih subjek foto hitam putih dengan ekspresi netral dan nggak menggunakan aksesoris apapun yang terdiri dari 80 foto perempuan dan 80 foto laki-laki. Sebanyak 50 persen orang pada foto tersebut adalah sosok dengan status masyarakat kelas atas, sedangkan 50 persen lainnya adalah kelas pekerja.

Foto-foto tersebut kemudian ditunjukkan pada orang lain. Mereka diminta menebak kelas sosial dari masing-masing orang. Hasilnya, sebanyak 68 persen menjawab dengan benar.

"Ketika ditanya bagaimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebaknya dengan benar," R-Thora Bjornsdottir, peneliti studi tersebut, dilansir dari CNBC Indonesia (22/4/2024).

Wajah Mencerminkan Pengalaman

Elon Musk, salah seorang paling kaya di dunia, apakah memiliki ciri-ciri wajah orang kaya? (Antara/Reuters)

Para peneliti menyimpulkan hal ini kemungkinan terjadi karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang dari waktu ke waktu. Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat orang lain.

"Seiring waktu, wajahmu secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalamanmu. Bahkan ketika kita berpikir kita tidak mengekspresikan sesuatu, ekspresi emosi itu masih ada di sana," ungkap salah seorang peneliti lainnya, Nicholas O. Rule.

Pada penelitian lain yaitu riset yang dilakukan oleh Universitas Glasgow menyatakan wajah kaya biasanya dikaitkan dengan bentuk wajah lebih sempit atau kecil, mulut tersenyum dan terangkat, alis yang naik, jarak mata rapat, dan kulit cerah dengan kompleksi atau rona wajah yang hangat.

Riset yang dipublikasi di APA Journal of Experimental Psychology itu dilakukan pada orang-orang kulit putih. Wajah seperti itu dihubungkan dengan kepercayaan, kompetensi, dan kehangatan.

Berbeda dengan itu, bentuk wajah yang lebih pendek dan datar dianggap "miskin". Bagian mulut yang turun dan kompleksi wajah dingin diasosiasikan dengan kelas sosial yang lebih rendah, nggak dipercaya, dan nggak kompeten.

Untuk membuktikannya, kita bisa memperhatikan wajah para bilioner dunia nih, Millens. Dilansir NYPost, CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Amazon Jeff Bezos punya visual yang mirip dengan yang digambarkan sebagai orang kaya dalam penelitian. Mark punya wajah sempit sedangkan Jeff memiliki kompleksi hangat.

Yap, kalau dipikir-pikir ada benarnya juga ya? Secara umum orang yang memiliki uang banyak cenderung lebih bahagia dan nggak cemas bila dibandingkan dengan orang-orang yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar. Jadi nggak heran jika rona wajahnya memancarkan kehangatan dan selalu menyunggingkan senyum. Betul nggak, Millens? (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Jalan Thamrin dan Depok Semarang Wajib Parkir Elektronik; Bayar Uang Tunai Dilarang

10 Okt 2024

Pakai Satu Nomor WhatsApp di Dua Ponsel? Bisa!

10 Okt 2024

Libur Panjang, Polda Jateng Larang Bus Besar Naik ke Lokasi Wisata Dieng

10 Okt 2024

Mungkinkah Pengajuan Kembali (PK) Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Dikabulkan?

10 Okt 2024

Mengapa Windows 9 dan iPhone9 Nggak Pernah Eksis?

10 Okt 2024

Uniknya Sejarah Desa Gajahan Karanganyar, Konon Bekas Kandang Gajah Keraton

10 Okt 2024

Damkar Jepara Tangani 63 Kasus Evakuasi Reptil Sepanjang 2024, Mayoritas Piton

10 Okt 2024

Manfaat dan Tren Ginger Shot untuk Kesehatan

10 Okt 2024

Catatan Komnas HAM 2024: Kepolisian Paling Banyak Diadukan Masyarakat

11 Okt 2024

Segarnya Dawet Telasih Bu Hj Sipon, Melegenda di Pasar Gede Solo

11 Okt 2024

Serunya Jalan-Jalan Sambil Diintai 'Mata' Raksasa di Kota Sibiu

11 Okt 2024

Menggelegar, Seperti Apa Bahaya Suara 'Sound Horeg' bagi Telinga?

11 Okt 2024

Mengapa Menikah Muda Membawa Risiko Cepat Bercerai?

11 Okt 2024

Seru, Ratusan Siswa Belajar Menari dan Membatik di Museum Kartini

11 Okt 2024

PPDS Anestesi akan Dibuka Kembali, Undip Perbaiki Sistem

12 Okt 2024

Tertarik Investasi Emas di Antam? Yuk Simak Kelebihannya Terlebih Dahulu

12 Okt 2024

Pemakai QRIS Makin Banyak, Uang Tunai Bakal Nggak Laku?

12 Okt 2024

Viral Skincare Overclaim; Produk Nggak Berbahaya, tapi Nirmanfaat

12 Okt 2024

Akhirnya, Batas Usia dan Penampilan Menarik di Lowongan Kerja Kembali Digugat di MK

12 Okt 2024

Lenggak-lenggok Para Penari Cilik di Sanggar Padma Baswara Demak

12 Okt 2024