Inibaru.id – Di Indonesia, jaringan kereta api yang lengkap bisa dikatakan baru terbentuk di Pulau Jawa. Jaringan rel keretanya bisa kamu temui di sisi pantai utara (Pantura) dan juga di pantai selatan (Pansela). Ujung dari jaringan rel tersebut bisa kamu temui di Pelabuhan Merak dan Stasiun Ketapang, Banyuwangi.
Di sisi paling timur, ujung dari jaringan rel kereta api bisa kamu temui di Stasiun Ketapang yang hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari Pelabuhan Ketapang. Pelabuhan ini jadi tempat kapal-kapal penyeberangan Jawa-Bali bersandar, Millens. Keberadaan stasiun yang dekat dengan pelabuhan ini memang ditujukan untuk memudahkan penumpang kereta yang pengin menyeberang ke Bali.
Stasiun yang dulu bernama Stasiun Banyuwangi Kota itu baru beroperasi pada 7 September 1985. Dikutip dari Kumparan (22/5/2022), perubahan menjadi Stasiun Ketapang karena dulu banyak penumpang yang bingung lantaran ada dua nama stasiun dengan nama Banyuwangi, yaitu Banyuwangi Kota dan Banyuwangi Baru. Mereka yang turun di Banyuwangi Kota namun keliru turun di Banyuwangi Baru tentu bingung karena stasiun ini berjarak 10 kilometer dari pusat Kabupaten Banyuwangi.
Kini, Stasiun Ketapang melayani operasional kereta Mutiara Timur yang memiliki rute Ketapang-Gubeng/Pasarturi (Surabaya), Probowangi dengan rute Ketapang-Gubeng, Tawang Alun dengan rute Ketapang-Kotalama (Malang), Sri Tanjung dengan rute Ketapang-Lempuyangan (Yogyakarta), Wijayakusuma dengan rute Ketapang-Cilacap, dan Blambangan Ekspres dengan rute Ketapang-Semarang Tawang. Ada juga kereta lokal Pandanwangi dengan rute Ketapang-Jember.
Setelah membahas stasiun paling ujung di sisi timur, kali ini kita membahas yang paling ujung di sisi barat, yaitu Stasiun Pelabuhan Merak yang ada di Cilegon, Banten. Stasiun ini hanya melayani operasional satu kereta, yaitu KA Commuter Line Merak dengan rute Rangkasbitung-Merak.
Stasiun ini ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada 1 Desember 1914, stasiun ini selesai dibangun untuk mengakomodasi penumpang yang pengin menyeberang ke Lampung lewat Pelabuhan Merak. Layaknya di Stasiun Ketapang, penumpang kereta bisa berjalan kaki menuju pelabuhan.
Meski begitu, stasiun yang sekarang berdiri bukanlah bangunan Stasiun Merak yang asli karena sudah dirobohkan pada akhir dekade 1980-an untuk proyek pembangunan terminal penyeberangan kapal feri pelabuhan.
Hm, setelah tahu, kamu penasaran nggak gimana rasanya naik kereta api dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa? Terdengar seperti petualangan yang seru ya, Millens? (Arie Widodo/E10)