BerandaHits
Jumat, 11 Apr 2024 15:00

Kiat Penderita Diabetes Mencicipi Sajian Khas Lebaran

Berbagai sajian khas lebaran belum tentu memenuhi standar. (Kompas)

Menjaga kadar gula darah merupakan hal yang sangat penting bagi penderita diabetes. Lalu, bagaimana bisa menikmati aneka sajian lebaran yang menggugah selera tanpa khawatir gula darah melonjak?

Inibaru.id - Makan kue lebaran menjadi salah satu kegiatan yang dinanti-nanti saat menyambut momentum spesial ini. Sayangnya, para penderita diabetes nggak bisa sembarangan mengonsumsinya.

Bagi penderita diabetes, mengontrol asupan gula dan karbohidrat menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Berikut adalah beberapa tips dilansir dari Medcom (19/4/2023) untuk menikmati sajian khas lebaran dengan bijak bagi penderita diabetes.

1. Mengatur Asupan Karbohidrat

Pada momentum lebaran, hidangan khas seringkali menghadirkan beragam makanan berbasis karbohidrat, mulai dari nasi hingga lontong sayur. Namun, makanan yang kaya karbohidrat cenderung tinggi kalori dan berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Sebagai langkah bijak, mengontrol porsi karbohidrat menjadi kunci untuk mengurangi asupan kalori harian dan memberikan ruang bagi camilan manis lainnya selama perayaan lebaran.

2. Menyeimbangkan dengan Makanan Sehat

Meskipun hidangan lebaran sering kali menggoda, kandungan nutrisinya mungkin tidak cukup memenuhi kebutuhan harianmu. Mengonsumsi beragam makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak, akan membantu memastikan asupan nutrisi yang cukup selama perayaan, sehingga kesehatanmu tetap terjaga.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Olahan

Kue kering mengandung gula dan minim gizi. (Rivel de la Vega/Youtube)

Makanan olahan seperti biskuit dan kue kering kemasan sering menjadi camilan favorit saat lebaran. Namun, makanan olahan sering mengandung gula tambahan yang berlebihan dan rendah zat nutrisi. Mengurangi konsumsi makanan olahan dan menggantinya dengan makanan yang diolah secara alami akan membantu memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Batasi Minuman Manis

Minuman manis seperti kolak, es buah, sirop, dan kolang-kaling sering menjadi pilihan populer saat perayaan lebaran. Namun, konsumsi minuman manis berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Sebagai alternatif, disarankan untuk membatasi konsumsi minuman manis dan memilih minuman dengan kandungan gula rendah atau bahkan air putih untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil selama perayaan Idulfitri.

5. Kue Lebaran Buatan Sendiri

Meskipun terlihat menantang, membuat kue lebaran sendiri bisa menjadi solusi yang baik untuk menikmati kue lebaran tanpa harus khawatir akan kandungan gula di dalamnya. Dengan membuat kue sendiri, kamu dapat mengontrol jumlah gula yang digunakan atau bahkan menggunakan bahan khusus seperti pengganti gula yang cocok untuk penderita diabetes, sehingga kamu nggak perlu khawatir akan lonjakan kadar gula.

“Dengan membuat kue lebaran sendiri, kamu bisa menakar gula yang perlu dimasukkan ke dalamnya atau bahkan menggunakan bahan-bahan khusus seperti gula khusus penderita diabetes sehingga tidak perlu khawatir kadar gula dapat melonjak,” kata dokter Jazil Karimidari Eka Hospital Pekanbaru mengutip Liputan6 (21/4/2023).

Hm, sepertinya seru ya kalau kita bisa membuat kue lebaran sendiri? Selain lebih hemat, gula darah juga nggak bakal bermasalah! (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT