BerandaHits
Senin, 25 Agu 2024 10:09

Ini Perbedaan Mentega dan Margarin

Beda mentega dan margarin. (endeus.tv)

Warnanya sama, teksturnya juga mirip. Lantas, apa sih beda mentega dan margarin?

Inibaru.id – Kalau kamu nggak terbiasa masak, pasti bakal bingung membedakan mentega dan margarin. Namanya mungkin nggak sama, tapi bentuk, rupa, dan warnanya terlihat sama. Sebenarnya, apa sih beda mentega dan margarin?

Meski keduanya termasuk golongan lemak yang bisa diolah dan warnanya juga cenderung sama-sama kuning, kalau kamu cermati, sebenarnya warna kuning margarin dan mentega memiliki perbedaan. Warna kuning pada mentega cenderung lebih pucat dibandingkan dengan margarin yang cenderung lebih pekat.

Nah, kita bahas mentega atau yang dikenal dengan sebutan lain butter, Millens. Ada dua jenis mentega yang bisa kita temui di pasaran yaitu salted butter serta unsalted butter. Meski jenisnya ada dua, sama-sama kaya akan kandungan susu sapi yang dilibatkan dalam proses pembuatan. Bahkan, karena kadar susu sapinya jauh lebih tinggi dari margarin, mentega jadi lebih mudah meleleh di suhu ruangan jika dibandingkan dengan margarin, Millens.

Di sisi lain, margarin terbuat dari bahan minyak nabati layaknya minyak kelapa sawit atau minyak kanola. Perbedaan bahan utama pembuatnya membuat harga mentega dan margarin pun berbeda, dengan margarin biasanya dihargai jauh lebih murah dengan ukuran yang sama dengan mentega.

Mentega dan margarin punya beberapa perbedaan. (iStockphotos/Lutavia)

Selain karena faktor bahan, ada juga hal lain yang bikin mentega lebih mahal jika dibandingkan dengan margarin, yaitu kemampuannya dalam membuat aroma makanan jauh lebih menarik. Lebih dari itu, saat dimakan, mentega nggak bakal memberikan aftertaste khusus pada langit-langit mulut jika dibandingkan dengan saat makan margarin.

“Pas makan kue kita bisa langsung merasakan perbedaan mentega dan margarin. Biasanya kalau kuenya memakai mentega, bakal terasa ada yang tertinggal saat kita mengonsumsinya,” ungkap salah seorang chef bernama Kim Pangestu sebagaimana dinukil dari Kompas, (19/8/2024).

Hal lain yang bikin mentega punya nilai lebih dari margarin adalah kemampuannya dalam bikin rasa masakan jadi lebih gurih.

Meski terkesan kalah segala-galanya dari mentega, sampai sekarang, ada banyak masyarakat yang setia menggunakan margarin, khususnya saat membuat roti, kue basah, atau membuat donat. Artinya, bahan makanan yang satu ini tetap diperlukan oleh banyak orang.

Hm, ternyata margarin dan mentega memang beda, ya? Gimana, kamu sering memakainya saat memasak nggak, nih? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT