BerandaHits
Senin, 28 Apr 2024 23:04

Cuaca Panas, Jangan Tinggal Barang Ini di Mobil

Mobil diparkir di luar ruangan di tengah cuaca panas. (Lifepal)

Kalau tetap disimpan di dalam mobil, dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran, Millens.

Inibaru.id – Meski musim hujan belum sepenuhnya selesai, nyatanya cuaca panas sudah melanda di Indonesia. Hawa gerah terus terasa, baik itu di siang hari maupun di malam hari. Nah, kalau kamu kebetulan memarkir mobil di tempat yang nggak ada naungannya, tentu bakal membuat bagian dalamnya jadi terasa panas, bukan?

Karena suhu di dalam mobil yang terpapar matahari langsung cukup tinggi, ada baiknya kamu harus lebih memperhatikan barang-barangmu yang terkadang lupa tertinggal di dalam mobil. Soalnya, jika sampai dibiarkan berada di sana, bisa-bisa barang tersebut malah bisa menyebabkan dampak yang lebih berbahaya, Millens.

“Belakangan ini kan di sejumlah negara di Asia sedang mengalami suhu panas matahari yang cukup tinggi. Jadi kalau punya mobil, dijaga suhu kabinnya. Sayangnya, pas parkir memang sulit untuk diantisipasi, apalagi jika yang tersedia adalah parkir tanpa atap,” terang pengamat otomotif dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana sebagaimana dilansir dari Detik, Sbtu (29/4/2023).

Dia pun menyarankan pemilik mobil untuk nggak meninggalkan sejumlah barang yang bisa membahayakan jika terus terpapar suhu panas ekstrem di dalam mobil. Salah-salah, bisa berujung pada munculnya api. Kalau sudah begitu, risikonya bisa sampai bikin mobil terbakar, lo.

Sejumlah barang bisa menyebabkan kebakaran jika ditinggal di mobil yang terpapar cuaca panas. (momobil)

“Jangan sampai deh ninggalin korek api, barang elektronik, minyak wangi, bahan bakar, cairan kimia, atau minuman bersoda dalam awadah kalengan di dalam mobil yang diparkir di tempat yang langsung terpapar sinar matahari. Salah-salah benda tersebut bisa menyebabkan kebakaran,” saran Sony.

Lantas, bagaimana jika ternyata kita bisa memarkir mobil di tempat dengan atap atau setidaknya di bawah bayangan pohon sehingga nggak terpapar langsung sinar matahari. Hal ini memang bikin suhu kabin mobil jadi nggak terlalu panas. Tapi, bukan berarti kita bisa dengan asal meninggalkan barang-barang tersebut.

Dia menekankan bahwa yang lebih diutamakan adalah menjaga suhu kabin mobil agar nggak terlalu panas sehingga sebaiknya kaca jendela sedikit dibuka. Meski hal ini bisa membuat barang-barang yang dia sebutkan sebelumnya nggak masalah untuk tetap disimpan di dalam mobil, bakal lebih baik jika barang-barang itu dikeluarkan saja.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan, Millens? Pastikan saja deh barang-barang itu nggak ditinggal di mobilmu saat cuaca sedang sepanas ini. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT