BerandaKulinary
Selasa, 23 Sep 2024 12:24

Rengginang Bu Yatin, Hidden Gem yang Layak Dicoba di Dekat Candi Borobudur

Rengginang Bu Yatin yang lokasinya ada di dekat Candi Borobudur. (IG/gerdiephotography)

Meski tempat produksi Rengginang Bu Yatin masih sederhana, tempat ini selalu dijadikan jujugan wisatawan yang pengin mencari oleh-oleh setelah berwisata di Candi Borobudur.

Inibaru.id – Candi Borobudur yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memang luar biasa. Nggak hanya megah, candi Buddha yang satu ini juga indah. Makanya, wajar jika setiap hari wisatawan lokal maupun asing mendatanginya.

Tapi, tahu nggak kalau di sekitar Candi Borobudur ada banyak sekali hal-hal yang menarik. Salah satunya adalah tempat penyedia jajanan tradisional Renggingang Bu Yatin. Kamu bisa menemukannya di Dusun Tingal Wetan yang berjarak kurang lebih 2,9 kilometer ke arah timur candi tersebut.

Meski tempatnya terlihat kecil, realitanya Rengginang Bu Yatin sering dijadikan jujugan rombongan wisatawan dari luar kota yang membutuhkan oleh-oleh untuk dibawa ke rumah. Meski rengginang bisa dicari di mana-mana, Rengginang Bu Yatin istimewa karena rasanya enak dan hanya bisa didapatkan di sana.

Menurut keterangan pengelola Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tersebut, Mutiah, dia sudah meproduksi rengginang sejak 1996 lalu.

“Adik saya yang lebih dulu membuat rengginang. Setelah membantunya, saya disuruh meproduksinya sendiri. Akhirnya saya melakukannya dengan mendiang suami saya, Suyatin,” ucap Mutiah sebagaimana dilansir dari Betanews, (23/8/2022).

Wisatawan membei rengginang Bu Yatin sebagai oleh-oleh. (Jatengprov)

Dari nama mendiang suaminya itulah, sedikit demi sedikit jenama Rengginang Bu Yatin semakin dikenal. Sejak awal 2000-an, pesanan rengginang terus berdatangan dari sekitar Magelang hingga luar kota seperti Yogyakarta dan Jakarta. Dari yang awalnya hanya diurus berdua, kini sudah banyak ibu-ibu paruh baya yang ikut mengurus bahan baku, menggoreng, hingga packing rengginang di rumahnya.

Sepeninggal suaminya, Mutiah terus berusaha menjaga kualitas rengginang yang dia buat, khususnya dalam memastikan bahan baku utamanya, yaitu beras ketan putih terbaik. Dari bahan utama itulah, tiga jenis rasa rengginang di sana terus diproduksi.

“Ada tiga jenis rasa rengginang yang diproduksi di sini. Rasa manis agak kemerahan, rasa gurih berwarna putih, dan yang asin berbentuk bulat dengan warna kecokelatan. Kami pastikan rengginang digoreng di tungku yang memakai api dari kayu agar aroma dan rasanya paling mantap,” lanjut Mutiah.

Kelebihan lain dari Rengginang Bu Yatin adalah selain bisa membeli oleh-oleh, di sana kamu bisa melihat langsung proses pembuatan rengginang dari awal hingga mencobanya. Kebayang kan serunya?

“Selain rengginang dengan harga per bungkus Rp15 ribu, ada banyak varian keripik yang bisa dibeli di sana. Kita bisa melihat langsung proses produksinya dan bahkan mencicipi hasil produksinya sembari minum teh. Di sini juga bisa mencoba bikin rengginang. Ada ibu-ibu yang bisa ngajari. Seru. Pokoknya wajib ke sini!,” tulis salah seorang pengulas di Google dengan nama akun Retnowiles11 yang datang ke sana pada Juli 2024 lalu.

Wah, sepertinya bakal seru ya kalau main ke Rengginang Bu Yatin di dekat Candi Borobudur? Untungnya, kamu bisa datang ke sana kapan saja karena tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT