BerandaHits
Rabu, 22 Okt 2024 17:27

Tiga Tugas Utama Menkes Budi dari Prabowo

Jabatan Menteri Kesehatan kembali dipercayakan kepada Budi Gunadi Sadikin. (via Democrazy)

Budi Gunadi Sadikin resmi dilantik kembali sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 oleh Presiden Prabowo Subianto. Dalam periode kepemimpinannya kali ini, Menkes Budi diberi tiga tugas utama.

Inibaru.id - Meski kementerian kesehatan di bawah Budi Gunadi Sadikin masih menyisakan banyak pekerjaan rumah hingga kontroversi, rupanya presiden baru kita Prabowo Subianto masih mempercayakan jabatan krusial ini padanya. Senin (21/10), dia kembali dilantik sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Dalam kepemimpinannya kali ini, Presiden Prabowo memberikan tiga tugas khusus yang harus segera dijalankan di sektor kesehatan.

Tugas pertama adalah melaksanakan program skrining kesehatan nasional bagi seluruh masyarakat. Program ini bertujuan menjaga kesehatan masyarakat secara proaktif, bukan hanya fokus pada pengobatan bagi yang sudah sakit.

“Nomor satu yang harus diberesin di bulan November adalah peluncuran skrining nasional untuk semua siklus hidup,” ujar Menkes di Jakarta, Senin (21/10).

Tugas kedua yang diberikan Presiden adalah mempercepat pembangunan rumah sakit di daerah-daerah terpencil dan tertinggal, dengan target penyelesaian dalam waktu dekat. "Kita akan membangun rumah sakit-rumah sakit di daerah tertinggal," tambahnya.

Salah satu tugas utama Menkes adalah mengatasi penyakit TBC. (TBC Indonesia)

Tugas ketiga adalah penanganan penyakit Tuberkulosis (TBC), di mana prevalensinya masih tinggi di Indonesia. Menkes Budi menegaskan, program penanganan TBC yang baru akan diluncurkan pada bulan Desember sebagai bentuk perhatian khusus Presiden terhadap penyakit ini.

“Untuk program TBC, kita buatkan programnya yang bagus. Cara kerjanya kita luncurkan di bulan Desember,” lanjutnya.

Selain tiga tugas tersebut, Budi juga diberi amanah untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis di Indonesia, yang menjadi salah satu isu krusial dalam pelayanan kesehatan.

Pelantikan Budi Gunadi Sadikin diumumkan pada Minggu (20/10) malam di Istana Kepresidenan. Presiden Prabowo juga menunjuk Prof. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, yang telah mendampingi Budi sejak 2020. Dengan penunjukkan ini, Menkes Budi dan Wamenkes Dante melanjutkan masa bakti mereka untuk periode kedua.

Budi Gunadi Sadikin kali pertama menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada Desember 2020, menggantikan Terawan Agus Putranto. Saat itu, dia diberi tugas utama menangani pandemi Covid-19 dan mereformasi sektor kesehatan. Menkes Budi pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka atas kepercayaan yang kembali diberikan kepadanya dan Wamenkes Dante.

Hm, karena Menkes Budi kembali bertugas, menurutmu program "impor" dokter asing yang kemarin jadi diterapkan, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT