BerandaHits
Minggu, 30 Sep 2023 08:56

Serunya Kegiatan Kenang 4.0; Aksi Bersih-Bersih Pantai Mangkang

Para anak muda yang tergabung dalam kegiatan Kenang 4.0 melakukan bersih-bersih pantai Mangkang. (Dokumentasi Kejar Mimpi Semarang)

Dalam kegiatan bernama Kenang 4.0, sejumlah mahasiswa yang peduli dengan kelestarian lingkungan melakukan susur pantai di Mangkang, Semarang. Selain membersihkan sampah, para peserta juga menjalin kekerabatan satu sama lain.

Inibaru.id - Anak muda memang harus berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam, nggak terkecuali kebersihan pantai. Seperti yang sudah kita tahu, sekarang banyak pantai yang kotor karena sampah-sampah yang terkumpul baik dari daratan maupun tengah laut.

Karena alasan itu, Kejar Mimpi Semarang by Commerce International Merchant Bankers (CIMB) Niaga berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Keluarga Islam (HKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dan Kelompok Studi Peduli Remaja (KSPR) UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan KENANG 4.0. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (28/9/2023) itu berupa aksi susur pantai atau Beach Clean Up (BCU) di Pantai Mangkang, Semarang Barat, Jawa Tengah.

Co-Founder Kejar Mimpi Semarang by CIMB Niaga, Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa "kenang" merupakan panggilan untuk anak laki-laki di Kota Semarang. Sementara "Kenang" dalam acara ini merupakan kependekan dari "KEjar mimpi NAndur lan NGrumat alam" yang memiliki arti "Pemuda yang Menanam dan Merawat Alam".

"Kenang kali ini tindak lanjut dari menanam pohon mangrove yang dilakukan beberapa waktu lalu," ujar Syarif.

Sementara itu, Koordinator Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) HMJ HKI UIN Walisongo Semarang, Adam menyampaikan kegiatan kolaborasi ini dilakukan guna menjalin persaudaraan antarorganisasi dan komunitas di Semarang. Nggak hanya itu, kegiatan ini juga menarik banyak volunteer dari berbagai perguruan tinggi di Semarang.

"Tentunya kegiatan ini dikemas dengan menarik," ucapnya.

Adam berharap semoga dengan diselenggarakannya Kenang 4.0 susur pantai ini dapat membangun kepekaan pemudi-pemuda untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Salah seorang volunteer Kenang 4.0 dari Politeknik Negeri Semarang, Nadira Khairunnisa mengatakan kegiatan susur pantai yang dia lakukan berjalan sangat seru dan menarik. Selain mengurangi populasi sampah di pantai Semarang, dia juga mendapatkan kawan-kawan baru yang mempunyai kepedulian lingkungan-sosial yang tinggi.

"Kalau bisa kegiatan ini diadakan kembali supaya lingkungan pantai Mangkang tetap terjaga," pungkasnya.

Wah, salut untuk aksi nyata anak-anak muda ini ya, Millens? Semoga semakin banyak generasi penerus bangsa yang sadar bahwa menjaga kebersihan pantai mulai dari sekarang merupakan suatu keharusan Sebab, kondisi pantai dan bumi kita ke depan bergantung dengan sikap kita sekarang. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT