BerandaHits
Senin, 26 Mei 2024 08:00

Sebaiknya Sarapan Sebelum Olahraga Pagi Nggak, Ya?

Sebaiknya sarapan sebelum olahraga nggak, ya? (Kompas/Shutterstock/Day of Victory Studio)

Ada yang merasa sakit perut jika sarapan sebelum olahraga. Tapi, sebenarnya perlu nggak sih sarapan sebelum olahraga pagi?

Inibaru.id – Pagi di akhir pekan seringkali dianggap sebagai waktu terbaik untuk berolahraga. Maklum, di waktu itulah, kita memiliki banyak waktu luang sekaligus energi besar untuk melakukannya. Tapi, sebaiknya sarapan sebelum olahraga pagi nggak, ya?

Ada yang merasa perlu sarapan agar nggak kelaparan pas olahraga. Kalau perut sudah keroncongan, tentu malah bikin kita nggak bisa berolahraga dengan maksimal. Ada pula orang yang khawatir akan mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut atau bahkan pengin muntah pas berolahraga karena sudah sarapan sebelumnya.

Lantas, mana sih yang lebih baik, sarapan atau nggak sarapan sebelum berolahraga? Terkait dengan hal ini, pakar Kesehatan dr Dimas Radithya Boedijono dari Konsultan Foot dan Ankle punya jawabannya, Millens. Bukan masalah sarapan atau nggaknya yang perlu kita perhatikan, melainkan jenis olahraga apa yang bakal dilakukan.

Maksudnya bagaimana? Jadi begini, kalau kamu suka dengan olahraga dengan intensitas berat seperti lari atau bersepeda jarak jauh dengan durasi yang cukup lama, akan jauh lebih baik jika kamu sarapan dulu.

“Kalau olahraganya berat seperti lari atau bersepeda, baiknya memang sarapan dulu agar cadangan energi tubuh meningkat,” ungkap Dimas sebagaimana dilansir dari akun Instagram Kementerian Kesehatan RI pada Jumat (24/5/2024).

Sarapan sebelum olahraga perlu dilakukan dalam kondisi tertentu. (Klikdokter)

Tapi, kalau olahraganya ringan seperti lari santai 30 menit, bersepeda santai atau jalan kaki saja di sekitar kompleks tempat tinggal, nggak sarapan sebelum olahraga nggak apa-apa.

Lebih dari itu, kalau kamu pengin melakukan olahraga yang menurunkan berat badan atau bikin otot jadi lebih terbentuk, sarapan bisa dilakukan dengan porsi sedikit. Kamu juga bisa makan camilan ringan saja. Alasannya tentu saja agar hasil olahraga yang didapat bisa maksimal jika dibandingkan dengan makan banyak saat sarapan atau malah nggak makan sama sekali.

Sekadar mengingatkan, jangan makan di waktu yang mepet dengan waktu berolahraga, ya? Berikan jeda sekitar 1 jam sebelum melakukannya. Alasannya, agar kadar gula darahmu naik sekaligus bikin perut tetap nyaman saat dipakai berolahraga. Kalau sudah begitu, kamu tentu bakal bisa berolahraga dengan maksimal, deh.

Kalau kamu memang nggak terbiasa sarapan sebelum berolahraga karena khawatir perut kurang nyaman, boleh-boleh saja kok. Alasannya, di glikogen otot atau lemak tubuh, ada banyak cadangan energi yang bakal digunakan saat berolahraga. Meski begitu, patut diingat ya olahraganya sebaiknya yang nggak berintensitas tinggi.

Kalau kamu sendiri, lebih suka sarapan sebelum berolahraga atau nggak, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT