inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tanda Kamu Harus Berhenti Olahraga; Tubuh Juga Butuh Istirahat
Sabtu, 13 Apr 2024 09:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:


Olahraga yang terlalu lama akan membuat tubuh  menjadi stres dan dapat menyebabkan overtraining. (Freepik)

Olahraga yang terlalu lama akan membuat tubuh menjadi stres dan dapat menyebabkan overtraining. (Freepik)

Rutin berolahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, adakalanya olahraga yang terlalu sering membuat tubuh drop. Inilah tanda-tanda kamu harus berhenti berolahraga untuk beristirahat.

Inibaru.id - Olahraga baik kardio maupun angkat beban setiap hari memang dianjurkan agar badan kita selalu bugar dan terhindar dari risiko terserang virus penyakit. Tapi, apakah berolahraga yang berlebihan juga baik untuk tubuh?

Segala yang berlebihan tentu nggak baik ya, Millens? Olahraga yang terlalu lama akan membuat tubuh menjadi stres dan dapat menyebabkan overtraining. Bahkan jika kamu memaksakan untuk olahraga dalam kondisi kurang fit, bisa menimbulkan cedera.

Selain itu, olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan elevis, serta dapat merusak kekuatan tulang.

Jadi, jangan terlalu memaksa tubuhmu untuk terus melakukan kardio atau angkat beban sampai melampaui batas, ya! Kamu harus tahu tanda-tanda sebaiknya berhenti berolahraga. Apa saja tandanya?

1. Sesak Napas dan Nggak Nyaman di Dada

Sesak napas dan keluhan di dada saat atau setelah olahraga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya fibrilasi atrium (FA), yaitu kondisi ketika jantung berdetak secara nggak stabil. Pengidap FA lebih mudah lelah saat berolahraga, diiringi dengan detak jantung yang makin cepat dan nggak beraturan.

Kamu juga perlu segera berhenti olahraga ketika kamu merasakan ketidaknyamanan di dada, yang disertai dengan mual dan keringat berlebihan. Karena ketiga hal tersebut adalah gejala serangan jantung. Jika kamu merasakan gejala tersebut, segera datang ke rumah sakit untuk mendapat penanganan dini.

2. Kelelahan

Porsi olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari. (Istimewa)
Porsi olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari. (Istimewa)

Olahraga memang bisa membuat tubuh terasa lebih bugar saat bangun tidur dan sepanjang hari. Namun, jika setelah olahraga kamu malah sulit tidur pulas, merasa lesu dan kurang fit sepanjang hari, bisa jadi porsi olahraga kamu terlalu berlebihan. Tandanya kamu harus berhenti berolahraga.

3. Pusing

Pusing bisa menandakan bahwa kamu kelelahan, dehidrasi, atau kekurangan nutrisi. Namun, jika pusing disertai gejala lain seperti badan lemas, banyak berkeringat, dan mata berkunang-kunang, segera istirahat. Bisa jadi itu merupakan gejala masalah tekanan darah dan jantung.

4. Kram

Kram terjadi ketika otot kamu berkontraksi secara tiba-tiba, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Ini adalah gejala yang hampir semua orang pernah alami. Jika kamu merasakan kram, segera berhenti berolahraga dan istirahatkan ototmu. Untuk mencegahnya kembali terjadi, jangan lupa untuk lakukan pemanasan sebelum berolahraga, minum air putih, dan pastikan asupan magnesium kamu cukup.

5. Nyeri Sendi dan Punggung

Munculnya nyeri pada sendi dan punggung umumnya disebabkan karena cedera akibat kesalahan posisi dan gerakan olahraga. Kamu perlu lebih berhati-hati dan nggak memaksakan diri untuk melakukan gerakan ekstrem.

Mulai sekarang, jika merasakan salah satu dari tanda-tanda itu, jangan diabaikan, ya! Tanda itu merupakan alarm bahwa tubuhmu membutuhkan istirahat. Kamu bisa kembali berolahraga saat kondisi badan sudah pulih. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved