BerandaHits
Selasa, 9 Sep 2024 16:19

Ratusan Layang-Layang Hias Meriahkan Langit Blora di Bupati Cup

Para peserta lomba layang-layang hias Bupati Cup 2024. (Dinkominfo Jateng)

Lomba Layang-Layang Bupati Cup 2024 di Blora yang diikuti peserta dari berbagai daerah ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI, sekaligus merayakan kearifan lokal melalui kreativitas seni tradisional.

Inibaru.id - Ratusan motif layang-layang hias terbang menghiasi langit Blora, mulai dari layangan bapangan hingga layangan tiga dimensi (3D). Motifnya pun sangat bervariatif, antara lain motif dokar, gerobak lontong, gerobak bakso, kapal, tokoh pewayangan, Burung Garuda, bahkan ada juga layangan motif karikatur Bupati Blora, Arief Rohman.

Ratusan peserta ikut ambil bagian dalam lomba layang-layang hias Bupati Cup 2024, yang digelar di area persawahan Kelurahan Mlangsen, Minggu (8/9/2024). Tidak hanya diikuti peserta dari Blora, namun juga dari luar kota, seperti Surakarta, Ngawi, Tuban, Rembang, Bojonegoro, Klaten, dan beberapa daerah lainnya

Panitia lomba Bratasena menyampaikan, pertunjukan tersebut merupakan event lomba layang-layang Bupati Cup 2024, sekaligus masih dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI.

“Lomba layang-layang ini ada penilaiannya. Nantinya diambil juara I hingga III. Selain itu, adanya layang-layang naga sebagai eksebisi juga akan diberikan apresiasi, sebagai peserta dengan karya terbaik,” papar Sena, sapaan akrabnya.

Disampaikan, tema dalam lomba kali ini mengangkat kearifan lokal. Sehingga, para peserta bisa berkreasi membuat kearifan lokal yang ada di Blora. Setidaknya ada 120 peserta yang ambil bagian, baik dari Blora, maupun luar Blora.

Salah satu tampilan layang-layang unik yang mengikuti lomba. (Bloranews)

Apresiasi disampaikan Bupati Arief Rohman atas penyelenggaraan lomba layang-layang tersebut. Dirinya tidak menyangka antusiasme pecinta layang-layang dan dan masyarakat sangat luar biasa.

“Ini luar biasa, pesertanya banyak dari luar Blora, penontonnya juga banyak yang hadir hingga selesai,” ungkapnya.

Bupati berharap, event tersebut terus diselenggarakan setiap tahunnya. Sehingga, mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Blora.

“Kegiatan seperti ini sangat positif. Semua bergerak, UMKM hingga menjadikan wisata hiburan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Peserta dari Surakarta, Agung menceritakan, kali ini membuat layang-layang hias dengan motif karikatur Bupati Blora sebagai bentuk apresiasi kepada orang nomor satu di Blora, yang telah peduli dan nguri-nguri permainan tradisional yang sangat menghibur.

Peserta lainnya, Agus mengaku antusias, dan setiap tahun dia pasti mengikuti lomba layangan ini. Bahkan, dia rela meski sempat terguling saat hendak menerbangkan layang-layangnya.

“Saya bikin layangan bentuk dokar, karena saat ini sudah jarang ditemui dokar di Blora. Tadi saat hendak menerbangkan layang-layang saya sampai terjatuh,” bebernya.

Wah sepertinya seru banget ya lomba ini? Kamu nonton juga, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT