BerandaHits
Selasa, 17 Jun 2024 15:52

Presiden Jokowi Salat Id di Semarang Lanjut Serahkan Manggala dan Sambara

Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Id di Kawasan Simpanglima Semarang, Senin (17/6/2024). (Humas Pemprov Jateng)

Tahun ini, Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Iduladha di Lapangan Simpanglima Semarang. Seusai salat, Jokowi menyerahkan kurban berupa sapi yang dinamakan Manggala dan Sambara kepada panitia Masjid Baiturrahman dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Inibaru.id - Presiden RI Joko Widodo menunaikan salat Iduladha di kawasan Simpanglima, Kota Semarang, pada Senin (17/6/2024).

Dalam pelaksanaan salat Iduladha tersebut, Jokowi dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berada di barisan depan, bersama pejabat lainnya seperti Menteri PUPR, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, Kajati Jateng, Kabinda, dan Sekda Jateng Sumarno. Sementara Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, berada di shaf perempuan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, dan Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana.

Salat Iduladha di Simpanglima berlangsung khusyuk dan tertib, dengan KH Zainuri Ahmad, pengasuh Ponpes Nurul Qur’ani Semarang, sebagai imam, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari sebagai khatib.

Seusai salat, Jokowi dan Nana Sudjana menyapa masyarakat dan menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Jokowi memberikan seekor sapi jenis simental dengan berat sekitar 1.250 kg, yang akan disembelih pada hari Selasa (18/6/2024) di Islamic Center.

“Ada amanah dari Presiden, sapi ini untuk disembelih dan dibagikan. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi sebesar ini,” kata Ketua Yayasan Masjid Baiturrahman, Ahmad Darodji, setelah menerima secara simbolis kurban sapi dari Jokowi.

Jokowi menyerahkan hewan kurban kepada pengurus masjid Baiturrahman. (Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memberikan dua ekor sapi jenis simental sebagai kurban tahun ini. Seekor sapi bernama Manggala dengan berat hidup 832 kg diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang, dan seekor lagi bernama Sambara dengan berat hidup 775 kg diserahkan kepada panitia Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Saat ini, sapi kurban dari Pj Gubernur Jateng sudah berada di Islamic Center Semarang dan akan disembelih pada Selasa (18/6/2024).

“Semua daging kurban akan dibagikan kepada lebih dari seribu masyarakat, termasuk yatim piatu yang akan menerima secara langsung, serta yang menukar kupon di Baiturrahman,” ujar Darodji.

Buat kamu yang tinggal di sekitar Simpanglima dan MAJT, kebagian daging kurban dari Presiden nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT