inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mengenal Daging Meltique yang Serat Lemaknya Cantik
Sabtu, 8 Jun 2024 10:37
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Daging meltique memiliki bentuk marbling (sebaran lemak) daging yang bagus serupa dengan daging wagyu. (Istimewa)

Daging meltique memiliki bentuk marbling (sebaran lemak) daging yang bagus serupa dengan daging wagyu. (Istimewa)

Kini kita bisa membuat steak seolah menggunakan daging wagyu tapi sebenarnya nggak. Daging yang digunakan adalah meltique, daging sapi biasa dengan sebaran lemak yang bagus menyerupai wagyu.

Inibaru.id - Ingin memasak steak dengan bahan baku daging berkualitas yang lembut dan sedikit berlemak tapi nggak harus menguras dompet? Bisa saja, Millens. Jawabannya tentu bukan dengan membeli daging sapi wagyu karena itu harganya sangat mahal.

Untuk olahan steak yang murah meriah tapi lezat, kamu bisa menggunakan daging meltique. Sekilas daging meltique ini sama dengan wagyu. Tapi apa sebenaranya yang dimaksud dengan daging meltique?

Daging meltique adalah daging sapi biasa yang telah melalui proses penyuntikan lemak nabati. Penyuntikan ini bertujuan agar daging menghasilkan bentuk marbling (sebaran lemak) daging yang bagus serupa dengan daging wagyu.

Tekstur daging meltique pun nggak kalah empuk, sehingga sering dipakai sebagai alternatif pengganti wagyu yang lebih murah. Nggak heran, dengan harganya yang murah, daging meltique banyak dipakai gerai beefsteak kaki lima, Millens.

Ciri khas meltique terletak pada visual marbling yang menyerupai marmer karena memiliki jaringan lemak halus berwarna putih yang menarik. Bagian daging sapi yang diolah untuk menjadi meltique adalah sirloin maupun tenderloin.

Proses Membuat Daging Meltique

Daging meltique biasa digunakan oleh warung steak pinggir jalan. (Shutterstock/Natalia Lisovskaya)
Daging meltique biasa digunakan oleh warung steak pinggir jalan. (Shutterstock/Natalia Lisovskaya)

Dengan tampilan daging yang sangat menggoda karena sebaran lemaknya terlihat cantik, penasaran nggak bagaimana bisa begitu? Perlu kamu tahu, proses pembuatannya bukanlah mengubah daging biasa menjadi wagyu asli, melainkan hanya dibentuk mirip saja. Proses meltique ini juga cukup murah dan mudah, sehingga hasilnya bisa dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Dikutip dari Kumparan (30/7/2023), proses marbling dilakukan dengan cara menyuntikkan lemak nabati ke dalam daging sapi asli utuh. Lemak nabati yang digunakan umumnya diolah dari canola oil, hasil ekstraksi biji tanaman canola.

Setelah sapi disembelih, daging akan dipadatkan terlebih dahulu kemudian disuntik menggunakan alat khusus. Alat injeksi lemak ini bentuknya seperti sisir.

Saat daging di-press, sisirnya akan dimasukkan ke dalam daging, lalu perlahan lemak nabati dikeluarkan seiring dengan proses penyuntikan lemak. Proses injeksi dengan alat ini membuat struktur marbling daging meltique lebih terstruktur dan konsisten.

Jadi, guratan lemak (marbling) dan tekstur lembut pada daging meltique hanyalah produk buatan saja. Ini tentu berbeda dengan daging wagyu yang berasal dari sapi ras ungulan Jepang dan pengembangannya melalui proses tertentu.

Nah, sekarang bikin steak di rumah nggak sulit lagi, kan? Alokasi dana Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan satu kilogram daging meltique yang bisa dibeli di supermarket terdekat. Selamat memasak, Millens! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved