BerandaHits
Jumat, 14 Mar 2024 15:00

Ketika Gigi dan Padi Sebarkan Pesan Damai Ramadan bareng Kemenag

PeaceSantren diadakan di lima pesantren di Indonesia. (dok. Kemenag)

Dengan menggandeng dua band ternama yaitu Gigi dan Padi, Kemenag menggelar PeaceSantren. Rencananya acara ini bakal diadakan di lima pesantren. Acara ini bertujuan menyebarkan pesan damai Ramadan.

Inibaru.id - Kementerian Agama memanfaatkan momentum Ramadan 1445 H untuk menyebarkan pesan perdamaian melalui acara PeaceSantren. Dalam acara ini, Kementerian Agama menggandeng santri dan masyarakat pesantren, serta grup band terkenal Gigi dan Padi, untuk bersama-sama menguatkan persaudaraan dan perdamaian di bulan penuh kasih sayang.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani menjelaskan bahwa PeaceSantren merupakan bagian dari syiar Ramadan. Acara ini akan melibatkan ribuan santri dan masyarakat pesantren untuk terus menggaungkan pesan perdamaian dan semangat persaudaraan.

“Kami juga menggandeng Group Band Gigi dan Padi, untuk bersama menyenandungkan pesan cinta dan perdamaian melalui lagu religi,” katanya.

PeaceSantren diselenggarakan dalam bentuk Roadshow "Ngabuburit Ramadan 1445 H" di lima provinsi di pulau Jawa, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pemilihan tuan rumah didasarkan pada kota-kota yang kental akan budaya pesantren, termasuk tradisi selama Ramadan.

Kang Dhani, sapaan akrab M. Ali Ramdhani menjelaskan bahwa komunitas pesantren telah membuktikan kemampuannya dalam membina keharmonisan dalam kehidupan sosial para santri, meskipun mereka berasal dari latar belakang yang beragam. Pesantren juga memberikan banyak efek positif kepada masyarakat sekitarnya.

“Belajar dari pesantren inilah kita akan menyebarkan pesan damai kepada seluruh elemen anak bangsa, agar kita kembali hidup rukun dan damai,” sebut Kang Dhani.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi bagian dari ikhtiar untuk membumikan pesan penguatan moderasi beragama dalam kemasan yang lebih segar.

Kemenag berharap pesan damai Ramadan bakal membina keharmonisan dalam kehidupan para santri. (Kompas)

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono menuturkan ada lima pesantren yang akan menjadi tuan rumah PeaceSantren. Acara tersebut akan diisi dengan pidato perdamaian, panggung musik dari Gigi dan Padi, serta pasar rakyat.

Pesantren-pesantren tersebut yaitu: Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur (Sabtu, 16 Maret 2024), Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (Rabu, 20 Maret 2024), Pesantren Al Musaddadiyah Garut (Sabtu, 23 Maret 2024), Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta (Rabu, 27 Maret 2024), dan Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang (Sabtu, 30 Maret 2024).

O ya, PeaceSantren menggunakan logo yang merupakan gabungan antara simbol hati dan huruf P (Pesantren). Simbol hati melambangkan rasa cinta dan harmonisasi warna yang indah, mencerminkan perbedaan yang menyatu dalam perdamaian.

Kementerian Agama menargetkan kegiatan ini akan dihadiri oleh ribuan santri dan masyarakat setempat dalam setiap momennya. Wah, seru banget ya acaranya? Semoga pesan damai Ramadan bisa disampaikan dan diresapi dengan baik, ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT