BerandaHits
Selasa, 20 Mei 2024 14:00

Film 'River': Kala Waktu Berulang Setiap 2 Menit

Film River (2023) bertema waktu yang terus berulang setiap 2 menit. (Europe Kikaku)

Bagaimana jika kamu sadar kalau waktu terus berulang 2 menit dan kamu harus kembali melakukan hal yang sama? Nah seperti inilah konsep dari film 'River' keluaran 2023 ini.

Inibaru.id – Dalam hidup, terkadang kita pengin waktu berhenti sejenak agar bisa beristirahat untuk sementara waktu. Nah, konsep inilah yang jadi tema utama dari film keluaran Jepang pada 2023 lalu berjudul River.

Berjudul asli Riba, Nagarenaide Yo (River, Don’t Flow), film ini bercerita tentang kisah para pekerja dan tamu di sebuah Ryokan, sebuah resort tradisional Jepang di Kyoto saat musim dingin.

Setiap pekerja dan tamu punya masalah-masalahnya sendiri. Mikoto yang nggak pengin waktu berjalan cepat karena pacarnya pengin belajar lagi ke luar negeri, manajer yang terkejut tatkala anaknya tiba-tiba sudah beranjak dewasa, seorang penulis novel yang dikejar deadline, dan supervisor yang selalu mengejar-ngejar penulis tersebut. Semuanya seperti diburu waktu dan pengin beristirahat sejenak.

Nggak disangka, harapan itu terkabul meski sedikit membingungkan karena bikin waktu terus berulang setiap dua menit pada 13.56. Yang lebih mengerikan, setiap orang di Ryokan tersebut sadar kalau persis pada waktu tersebut, mereka kembali berada di lokasi dan aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Mikoto selalu kembali di tepi sungai meski dia sudah masuk ke dalam bangunan. Sang manajer kembali harus membersihkan meja yang sebelumnya sudah beres. Tamu yang sudah makan terkejut karena mangkuk nasinya kembali penuh. Penulis novel kehilangan tulisan yang baru dia ketik. Bahkan ada pemburu yang kebingungan karena nggak bisa pulang karena terus kembali berada di tengah hutan. Begitu terus sampai berulang puluhan kali.

Pekerja dan tamu dari Ryokan menyadari waktu terus berulang hingga mengalami kepanikan. (Europe Kikaku)

Semua orang tentu langsung panik dengan hal ini. Bahkan, ada yang sampai ‘iseng’ bunuh diri meski kemudian dia hidup kembali karena waktu yang terus berulang. Untungnya, para tamu dan pekerja Ryokan berusaha untuk mencari penyebab dari terus berulangnya waktu dengan berbagai cara yang kocak.

Tema film yang nggak biasa ini tentu menarik perhatian banyak kritikus film dari seluruh dunia. Banyak yang menganggap ide dan eksekusi film ini brilian. Walau ending­-nya terlihat receh jika dibandingkan dengan parahnya kekacauan yang terjadi akibat waktu yang terus berulang, tetap saja, film ini seperti menawarkan ide yang cukup fresh. Apalagi, selipan humor segarnya juga cukup banyak.

Sangat menarik bagaimana film ini dibuat dengan konsep yang sangat nggak biasa. Hasilnya bikin penonton seperti merasakan pengalaman yang magis,” tulis salah seorang kritikus dari Firstshowing Alex Billington pada (22/10/2023) sebagaimana dilansir dari Rottentomatoes.

Fun fact, di balik banyaknya pujian yang datang ke film yang dia garap, sang sutradara Junta Yamaguchi justru menyebut alasan dari penggunaan konsep film ini lebih ke penghematan biaya.

“Kalau memakai konsep waktu berulang kan jadi lebih hemat. Kita tinggal ngambil sudut pandang lain dari para pemeran atau latar tempatnya,” ungkapnya di TOKION, (1/8/2023).

Apapun itu, film River ini memang bakal menarik untuk ditonton siapa saja yang pengin hiburan segar. Tertarik, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT