inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Anime Tertua di Dunia, Dibuat Lebih dari 100 Tahun Lalu
Selasa, 14 Mei 2024 14:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Anime tertua di dunia. (Twiter/TMIHARINI)

Anime tertua di dunia. (Twiter/TMIHARINI)

Bukannya Astro Boy yang dirilis pada 1960-an, ternyata anime tertua di dunia sudah diproduksi sejak 1920-an, lo. Seperti apa ya anime tersebut?

Inibaru.id – Penggemar anime dan manga kebanyakan mengira jika Astro Boy adalah anime tertua di dunia. Maklum, setelah manga-nya diterbitkan di Weekly Shonen Magazine pada 1952-1968, anime Astro Boy diputar dari 1963-1966. Yap, sudah sekitar 60 tahun silam.

Tapi, ternyata anggapan tersebut nggak tepat. Belakangan ini, ditemukan anime tertua di dunia yang diproduksi pada 1923 alias jauh sebelum Jepang ikut bikin heboh pada Perang Dunia II. Lantas, anime apakah yang dibuat itu?

Menurut laporan NHK World-Japan yang dinukil dari Epicstream, Kamis (9/5/2024), disebutkan bahwa anime tersebut nggak seperti anime pada zaman sekarang. Video animasinya masih cukup sederhana dengan gambar hitam putih saja.

Judulnya dalam Bahasa Inggris adalah Dental Health yang berarti kesehatan gigi. Produsennya adalah perusahaan Jepang yang menjual sikat gigi dan berbagai produk kebersihan lainnya yang masih bertahan hingga sekarang, Lion.

Durasi animenya hanya 8 menit. Nggak ada alur cerita yang jelas pada anime tersebut. Tapi, terdapat subtitle berukuran sangat besar dengan tulisan warna putih dan dasar layar berwarna hitam.

Anime tertua di dunia adalah iklan kampanye kesehatan gigi dan mulut. (NHK World - Japan)
Anime tertua di dunia adalah iklan kampanye kesehatan gigi dan mulut. (NHK World - Japan)

Yang pasti, dalam anime tersebut, selain menunjukkan cara menjaga kesehatan gigi seperti menggosok gigi, ada juga informasi terkait makanan apa saja yang sebaiknya dihindari kalau pengin gigi tetap sehat. Oleh karena itulah, dalam anime tersebut juga terlihat adegan orang sedang makan.

Pembuat anime ini adalah Seitaro Kitayama. Pada dekade 1910-1920-an, dia memang dikenal sebagai sutradara animasi Jepang. Yang bersangkutan dikabarkan sudah meninggal pada Februari 1945. Artinya, Seitaro nggak menyangka jika anime yang dia buat adalah pembuka jalan bagi pesatnya perkembangan dunia anime Jepang pasca-Perang Dunia II. Bahkan, dia mungkin nggak akan menyangka jika anime Jepang bisa menguasai dunia.

Yang menarik, temuan soal siapa pembuat anime ini dilakukan oleh tim dari Lion. Mereka mencari tahu informasi tentang hal ini ke cucu dari Seitaro Kitayama. Saat sang cucu memastikan bahwa tulisan pada anime tersebut memang tulisan kakeknya, barulah mereka memastikan kalau anime tersebut memang buatan sang sutradara.

Hm, kamu penasaran seperti apa menonton anime tertua di dunia ini? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved