BerandaPasar Kreatif
Sabtu, 4 Sep 2020 16:13

Ngobrol tentang Penjualan via Virtual Sales Mission: Promosi Bisnis di Tengah New Normal!

Direktur Pemasaran Nusantara, ASEAN & Oceania, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu. (Inibaru.id/Ist)

Di tengah peralihan antara pandemi menuju kenormalan baru, para seller dituntut lebih kreatif, selain tetap mematuhi protokol kesehatan. Gimana jalannya obrolan yang digelar via Virtual Sales Mission itu?

Inibaru.id - Untuk kali pertama, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenpariekraf) mengadakan Virtual Sales Mission. Digelar virtual di Jakarta belum lama ini, kegiatan bertajuk “Misi Penjualan Daring Pariwisata Nusantara diikuti 45 peserta.

Para peserta tersebut merupakan para seller dari bisnis agen perjalanan, museum, kebun binatang, penyedia jasa transportasi, hotel dan resort.

Sebagai informasi, Virtual Sales Mission menjadi ajang mempromosikan destinasi wisata ke pasar potensial B2B domestik dan kesepakatan penjualan B2B dalam satu ekosistem promosi digital secara virtual. Selain itu, acara ini juga memfasilitasi interaksi bisnis B2B (misi penjualan).

Sejumlah buyer terlibat dalam kegiatan ini, di antaranya Traveloka, Klook, dan Travelsquare.

Pada kesempatan tersebut Vinsensius Jemadu selaku Direktur Pemasaran Nusantara, ASEAN & Oceania, Kemenparekraf RI membuka acara sekaligus memberikan semangat kepada para pelaku usaha. Dia juga mengingatkan para pelaku usaha untuk mengimplementasikan CHS (Cleanliness, Health & Safety) di era new normal.

Dalam acara yang dipandu Desy Mutiasari, Staf Tenaga Ahli Kemenparekraf Tendi Nuralam yang juga Pendiri Kelana Anantara Nusa dan Indonesia Culture Heritage Tourism (IdHC) diberi kesempatan untuk memberikan update mengenai kondisi pariwisata di era pandemi.

Menginjak acara inti, seluruh seller dibagi dalam tiga business room yaitu Traveloka business room, Klook business room, dan Travelsquare business room. Di sini, para seller mendengarkan pemaparan dari perwakilan dari para buyer.

Masing-masing perwakilan dari buyer diwakili Kepala Bidang Strategis Kemitraan dan Perjalanan Internasional Traveloka Nafisah Wulandari, perwakilan Klook Bidang Pengembangan Bisnis untuk Pasar Indonesia-Singapura-Malaysia Henry Hooper, dan CEO dan cum pendiri Travelsquare Patric Olenczak.

Lalu apa yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan dari buyer tersebut? Yap, Nafisah Wulandari menjelaskan strategi pengembangan bisnis secara online untuk menghadapi masa new normal bersama Traveloka Experience, salah satu online travel agent yang memiliki platform terbesar di Asia Tenggara.

“Khususnya dalam era new normal saat ini Traveloka Experience meluncurkan paket terbaru yaitu Traveloka Experince 'Recovery Program', dimana pihak merchant/seller akan dapat memiliki banyak keuntungan seperti implementasi scan & go (metode cashless), flexibook yang memudahkan para pelaku perjalanan untuk melakukan booking secara online sebelum berkunjung. Yang terakhir adalah Clean Experience Exposure (mepromosikan bisnis merchant/seller bahwa sudah aman dan bersih serta mengikuti protokol kesehatan),” papar Nafisah.

Sementara, Henry Hooper menjelaskan bahwa Klook adalah salah satu online travel agent yang menjadi one stop and go-travel platform untuk booking sebuah destinasi dari berbagai kategori, seperti atraksi, lokal transfer, makanan dan minuman, wifi, dll.

“Klook platform sangat memudahkan banyak penggunanya, karena hanya dengan booking & pay online para pelaku perjalanan dapat dengan mudah untuk berkunjung dan target utama Klook adalah millenials yang gemar traveling,” sebut Henry.

Yang terakhir, Patric Olenczak menjelaskan terkait dengan perusahaan Travelsquare yang menjadi online travel agent pertama yang menggabungkan antara reservasi, media sosial, fitur chat online, dan komunitas.

“Selain itu, Travelsquare juga memiliki fitur kategori hotel untuk memudahkan penggunanya dan paket bundle produk yang ditawarkan oleh merchant atau seller,” terang Patrick.

Wah, semoga dengan adanya Virtual Sales Mission ini dapat mendorong lebih banyak paket wisata yang tercipta untuk wisata domestik ya, Millens. (IB01/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Rampcheck DJKA Rampung, KAI Daop 4 Semarang Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Jelang Nataru

4 Des 2025

SAMAN; Tombol Baru Pemerintah untuk Menghapus Konten, Efektif atau Berbahaya?

4 Des 2025

Ketua DPRD Jateng Sumanto Resmikan Jalan Desa Gantiwarno, Warga Rasakan Perubahan Nyata

4 Des 2025

Harga Gabah Naik, Sumanto Ajak Petani Jalan dengan Kepala Tegak

3 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: