BerandaKulinary
Minggu, 28 Sep 2024 14:54

Uniknya Rasa Soto Garing Bebek Bacem di Warung Bu Heri Klaten

Soto garing bebek bacem yang tersedia di Warung Bu Heri Klaten. (Radarsolo/Angga Purendra)

Kepikiran nggak seperti apa rasa soto garing dikombinasikan dengan bebek bacem khas Klaten? Menu unik ini bisa kamu rasakan di Warung Bu Heri, lo.

Inibaru.id – Pengin wisata kuliner di Klaten yang nggak biasa? Coba deh datang ke Warung Bu Heri yang berlokasi di Jalan Ki Pandanaran, Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan. Di sana, ada soto garing bebek bacem yang rasanya unik dan sulit ditemukan di tempat-tempat makan lainnya.

Sebenarnya, di warung yang berjarak kurang lebih 5 kilometer ke arah barat daya dari Alun-alun Klaten ini, kamu juga bisa menemukan soto berkuah. Tapi, soto garing alias soto tanpa kuah tentu sayang untuk dilewatkan, bukan? Apalagi, kamu juga bisa merasakan kelezatan bebek bacem khas Klaten yang dikenal punya rasa luar biasa.

Kalau menurut pengelola warung tersebut, Maryam Ulfa, Warung Bu Heri sudah eksis sejak 1987. Perempuan yang kini berusia 36 tahun ini adalah generasi ketiga dari keluarganya yang mengurus warung dengan menu andalan soto bebek bacem tersebut. Dia pun masih mempertahankan resep yang diturunkan dari keluarganya sehingga rasa soto yang disajikan di sana nggak pernah berubah selama lebih dari 3 dekade.

“Seporsi soto garing bebek bacem ini saya banderol Rp9 ribu. Rata-rata yang datang ke warung adalah yang pengin beli untuk dibungkus, bukannya makan di sini. Paling hanya dua atau tiga orang saja yang memesannya untuk dimakan di sini setiap hari, terang Ulfa sebagaimana dinukil dari Radarsolo, Jumat (29/9/2024).

Warung Bu Heri di Desa Danguran, Klaten. (Google Street View)

Sebenarnya apa sih keistimewaan soto bebek bacem di warung tersebut? Selain kuah yang hanya ditambahkan untuk menu soto kuah, di setiap porsi soto bebek, kamu bisa menemukan nasi, kubis, kecambah, seledri, bawang goreng, dan suwiran bebek bacem. Biar makin enak, tambahkan pula sejumlah lauk layaknya aneka gorengan dengan harga Rp1.000 – Rp.1500 per buah dan potongan daging bebek bacem dengan harga Rp5 ribu – Rp 32 ribu per potong.

“Kebanyakan yang datang untuk dibungkus minta tambahan gorengan tempe atau tahu. Klau yang makan di warung biasanya minta tambahan suwiran daging atau ati bebek bacem,” ucapnya.

Karena rasa cukup unik, soto bebek bacem di Warung Bu Heri Klaten ini terus didatangi pembeli, khususnya pada akhir pekan. Bahkan, banyak pelanggan dari luar kota Klaten yang rutin mengunjunginya saat ada keperluan di wilayah tersebut.

Saya mampir untuk menikmati soto bebek dan bebek bacem goreng,” Rasanya masih orisinil layaknya bertahun-tahun yang lalu,” tulis salah seorang pengulas di Google yang datang ke warung tersebut pada Juni 2024, Titi Pambudi Karuniwaty.

Hm, jadi makin penasaran seperti apa ya keunikan rasa soto bebek garing di Warung Bu Heri Klaten ini. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT