inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Kisah Hilangnya Sepasang Pengantin di Balik Penamaan Umbul Kemanten Klaten
Minggu, 26 Mei 2024 15:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Umbul Kemanten Klaten, wisata air dengan cerita rakyat yang menarik.(Twitter/fatherfcker)

Umbul Kemanten Klaten, wisata air dengan cerita rakyat yang menarik.(Twitter/fatherfcker)

Ada alasan mengapa nama Umbul Kemanten Klaten seperti itu. Seperti apa ya cerita legenda terkait dengan umbul ini?

Inibaru.id – Soal wisata air, Klaten juaranya. Di sana, ada banyak umbul yang bisa kamu kunjungi. Tapi, khusus untuk Umbul Kemanten, punya cerita yang menarik, Millens.

Umbul Kemanten bisa kamu temui di Jalan Janti Boto, Kelurahan Ngunut, Kecamatan Tulung. Lokasinya sekitar 17,5 kilometer ke arah utara dari Alun-alun Klaten. Di tempat wisata yang buka setiap hari buka dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB ini, kamu bisa main air di kolam yang nggak terlalu dalam yang dihiasi dengan pepohonan berukuran besar.

Selain bermain air, kamu juga bisa foto-foto di kolam yang jernih dan rindang tersebut, Millens. Bahkan, kamu juga bisa lo mengambil foto di dalam air, lengkap dengan kostum atau properti menarik yang sudah disediakan pengelola.

Balik lagi ke cerita yang jadi dasar penamaan Umbul Kemanten Klaten, Millens. Jadi, ceritanya dulu ada sepasang calon pengantin yang hilang tatkala mau bertemu di umbul ini.

“Dulu kan masyarakat percaya banget dengan tradisi pingitan, calon pengantin nggak boleh bertemu selama 40 hari sebelum acara pernikahan. Sayangnya ada calon penganten yang melanggar aturan tersebut. Meski berjalan ke sana, mereka nggak mampu melihat satu sama lain hingga keduanya kemudian menghilang,”ungkap Koordinator Lapangan dari umbul tersebut Alwan Nugroho sebagaimana dilansir dari Radarsolo, Minggu (19/5/2024).

Penamaan Umbul Kemanten didasari oleh cerita rakyat tentang hilangnya sepasang calon pengantin. (Twitter/fatherfcker)
Penamaan Umbul Kemanten didasari oleh cerita rakyat tentang hilangnya sepasang calon pengantin. (Twitter/fatherfcker)

Selain cerita rakyat ini, ada juga legenda lain terkait dengan Umbul Kemanten, yaitu adanya sumpil alias siput berukuran kecil dengan cangkang yang buntung di kawasan Umbul. Hal ini cukup aneh karena biasanya siput yang ditemui di luar kawasan umbul memiliki cangkang yang runcing.

Kok bisa begitu? Konon, semua bermula dari masa kerajaan kuno. Kala itu, Umbul Kemanten adalah pemandian keluarga raja. Nah, salah seorang anak perempuan raja tanpa sengaja menginjak cangkang sumpil yang runcing sampai berdarah.

“Pokoknya di sekitar umbul atau mata air, siputnya bercangkang tumpul. Jadi ceritanya dulu raja geram kaki putrinya berdarah sampai mengutuk sumpil dan keturunannya di sini buntung cangkangnya,” lanjut Alwan.

Menarik banget ya cerita legenda di Umbul Kemanten ini. O ya, kalau kamu tertarik untuk piknik di sana, nggak perlu khawatir perlu mengeluarkan banyak uang ya. Soalnya, tiket masuknya hanya Rp10 ribu saja per orang. Tiket parkir kendaraannya juga hanya Rp3 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Jadi, kapan nih kita main air di Umbul Kemanten Klaten, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved