BerandaKulinary
Kamis, 28 Agu 2024 17:44

Getuk Karangrandu, Kudapan Manis Berbalur Kinca dan Parutan Kelapa Bakar

Getuk Karangrandu memiliki ciri khas taburan kelapa bakar parut yang menciptakan rasa yang khas. (Inibaru.id/ Alfia Ainun Nikmah)

Berkunjung ke Pasar Sore Karangrandu, belum lengkap jika nggak menikmati kudapan manis berbalur kinca dan parutan kelapa bakar yang dikenal sebagai Getuk Karangrandu ini.

Inibaru.id - Kalau nggak mau kalap, bertandanglah ke Pasar Sore Karangrandu dengan perut kenyang; karena pasar legendaris Kabupaten Jepara ini dikenal dengan ragam kuliner zadulnya yang selalu berhasil memanjakan lidah.

Beraneka macam jajanan tradisional bisa kamu temukan di pasar yang berlokasi di Desa Karangrandu, Kecamatan Pecangaan tersebut, mulai dari minuman zadul seperti es gempol hingga kudapan masa kecil macam cucur, geplak, dan getuk.

Di antara semua kuliner tradisional di pasar yang ditetapkan pemkab setempat sebagai pusat jajanan pasar itu, satu kudapan yang harus kamu jajal adalah Getuk Karangrandu. Getuk ini memiliki aroma yang khas, yang dihasilkan dari taburan kelapa bakar parut di atasnya.

Untuk mencicipi getuk legit ini, carilah penjual paruh baya bernama Ponija. Nggak sulit menemukannya, karena lapak perempuan 52 tahun yang biasa berjualan bersama sang anak tersebut selalu dipenuhi antrean panjang.

Kuliner Turun-temurun

Tampilan getuk Kinco putih bertabur kelapa bakar parut dan kinca. (Inibaru.id/ Alfia Ainun Nikmah)

Oya, untuk yang belum tahu, getuk adalah salah satu makanan tradisional yang dikenal di pelbagai tempat di Jawa. Secara umum, getuk terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk hingga membentuk adonan. Namun, untuk penyajiannya, masing-masing tempat punya cara yang berbeda-beda.

Nah, di Pasar Sore Karangrandu (PSK), getuk disajikan dengan kucuran kinca atau gula merah cair dan taburan kelapa bakar parut. Selain dikenal sebagai Getuk Karangrandu, kudapan ini juga acap disebut getuk kinco.

Ponija mengaku nggak tahu pasti kapan getuk kinco mulai dikenal luas di Jepara. Yang pasti, getuk yang dijualnya saat ini merupakan warisan dari ibunya yang sudah berjualan turun-temurun.

“Saya tidak ingat kapan, tapi resep ini sudah turun-temurun dari ibu saya dulu,” terangnya.

Lembut di Mulut

Tekstur getuk kinco yang lembut membuatnya cocok untuk dinikmati siapa saja. (Inibaru.id/ Alfia Ainun Nikmah)

Getuk Karangrandu mudah dikenali dari teksturnya yang sangat empuk dan terasa lembut di mulut. Ponija mengatakan, meski cara bikinnya simpel, butuh ketelatenan untuk menghasilkan terkstur yang seperti itu.

"(Bikinnya) simpel, kok. Setelah dikupas, singkong dicuci bersih, lalu direbus hingga empuk, terus ditumbuk hingga halus. Singkong kemudian diuleni bersama tepung tapioka hingga kalis," kata dia. "Untuk getuk merah dicampuri gula merah saat dideplok, sedangkan yang putih cukup diberi garam."

Sementara itu, untuk penyajiannya, Ponija mengungkapkan, getuk diberi kucuran kinca dan taburan kelapa bakar parut yang menjadi ciri khasnya. Menurutnya, taburan kelapa bakar inilah yang membuatnya sedap dan nggak selalu bisa ditemukan di getuk-getuk pada umumnya.

"Getuk kinco kami jual seharga Rp1.000 hingga Rp2.000, sudah lengkap dengan kinca dan kelapa bakar parut," ucapnya sembari melayani pembeli.

Destinasi Wisata Kuliner

Selain getuk, Ponija juga menjual aneka jajanan tradisional lain yang juga berbahan singkong. (Inibaru.id/ Alfia Ainun Nikmah)

Sedikit informasi, Pasar Sore Karangrandu saat ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang nggak hanya dikunjungi masyarakat Jepara, tapi juga wisatawan luar kota yang bertandang ke Kota Ukir. Nah, getuk kinco kepunyaan Ponija ini menjadi salah satu tempat yang jadi rujukan mereka.

Minkha, misalnya, mengaku menjadikan getuk karangrandu sebagai kudapan yang wajib dibeli saat bertandang ke Pasar Sore Karangrandu. Datang bersama rombongan wisata odong-odong dari Kabupaten Kudus, dia sengaja menyambangi pasar tersebut untuk menikmati getuk kinco.

“Kami suka sekali mampir ke Pasar Sore Karangrandu, terlebih getuknya yang diberi taburan kelapa bakar dan kinca. Terasa manis, gurih, dan aromanya sedap," pungkasnya.

Wah, wah, mulai menelan ludah? Segera masukkan getuk kinco khas Karangrandu ini sebagai daftar kuliner yang wajib kamu coba saat bertandang ke Jepara ya, Millens! (Alfia Ainun Nikmah/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT