BerandaHits
Kamis, 16 Okt 2024 09:07

'The Substance', Gambaran Mengerikan Tentang Manusia yang Menolak Tua

The Substance, salah satu film 'horor' yang cukup menarik perhatian banyak kritikus film. (Mubi)

Gambaran tentang semakin menua dan nggak lagi terlihat menarik memang terkesan mengerikan, ya? Nah, hal inilah yang jadi tema dari film 'The Substance' yang dibintangi Demi Moore.

Inibaru.id – Selain kematian, banyak orang yang takut untuk semakin menua. Maklum, seiring dengan bertambahnya usia, penampilan fisik jadi nggak semenarik saat masih muda. Hal inilah yang jadi tema dari film The Substance yang baru saja dirilis di bioskop dan kanal streaming Mubi sejak akhir September 2024.

Dibintangi aktris senior Demi Moore, The Substance menceritakan kisah seorang selebritas yang sudah berusia 50 tahun bernama Elisabeth Sparkle. Di usia paruh baya itu, popularitasnya semakin meredup. Dia juga merasa fisiknya nggak lagi secantik saat dia muda dan mulai tergantikan oleh junior-juniornya.

Bukannya menerima fakta bahwa dia nggak lagi bisa melawan usia, Elisabeth malah menolak tua. Dengan memakai teknologi terbaru, dia menciptakan sendiri Elisabeth versi muda yang membuat kariernya di dunia hiburan tetap di level tertinggi.

Meski terlihat seperti menyelesaikan masalah yang selama ini mengganggunya, nyatanya keberadaan dirinya versi muda yang diperankan Margaret Qualley ini justru nggak menyelesaikan penyakit hatinya. Elisabeth justru merasa iri dengan kesuksesan versi mudanya sendiri. Dari situlah, masalah-masalah mulai bermunculan dan membuat film ini jadi penuh dengan ketegangan.

Banyak adegan mengerikan di film 'The Substance'. (Mubi)

Disutradarai oleh perempuan asli Prancis bernama Coralie Fargeat, The Substance sukses nggak bikin bosan meski durasinya cukup panjang, yaitu 141 menit. Maka dari itu, jangan heran kalau di situs Rotten Tomatoes, rating dari film ini mencapai 91 persen alias mendapatkan respons positif dari kritikus film maupun dari orang-orang yang menontonnya.

Di situs pengulas film lainnya seperti Metacritic, film ini juga mendapatkan skor 78 dari 100. Hal serupa juga terjadi di situs survei PostTrak yang menunjukkan kalau 80 persen penonton memberikan respons positif dan 75 persen dari mereka bakal merekomendasikan orang lain untuk menontonnya.

The Substance menjelaskan dengan baik tentang banyaknya keabsurdan dalam standar kecantikan perempuan dan mengerikannya dunia selebritas. Banyak kritik keras terkait bagaimana kita menilai standar kecantikan yang absurd di situ dan seperti apa dampak buruk dari hal tersebut,” ucap kritikus film Alissa Wilkinson sebagaimana dinukil dari New York Times, (19/9/2024).

Hm, sepertinya menarik banget ya film The Substance ini, Millens. Tertarik nggak untuk menontonnya? Tapi, bersiap juga ya karena di film ini ada banyak adegan yang terkait dengan darah atau hal-hal yang cukup mengerikan. Maklum, genrenya termasuk horor! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT