BerandaHits
Senin, 10 Sep 2023 16:16

Tanda Kamu Sudah Harus Membersihkan Kulkas, Apa Saja?

Ilustrasi: Tanda membersihkan kulkas. (Dirumahkita)

Coba ingat-ingat lagi kapan kali terakhir kamu membersihkan kulkas. Kalau sudah ada tanda-tanda ini, segera bersihkan, ya?

Inibaru.id – Kamu tahu nggak sih kalau kulkas juga sebaiknya rutin dibersihkan? Soalnya, peralatan elektronik ini sering dijadikan wadah bahan-bahan makanan baik itu yang masih mentah atau yang sudah siap santap. Nah, pada bahan makanan mentah atau wadah makanan siap santap itu, bisa jadi ada kotoran atau bakterinya.

Meski rupa bagian dalam kulkas terlihat bersih, bisa jadi di sana sudah ada banyak bakteri. Kalau kamu malas membersihkannya, bisa jadi makanan yang ada di dalamnya terkontaminasi bakteri dan jika dikonsumsi malah bikin kamu jatuh sakit, deh.

Selain karena alasan kesehatan, ada alasan lain yang membuatmu harus rutin membersihkan kulkas secara berkala, yaitu agar barang-barang atau wadah yang ada di dalamnya kamu tata kembali sehingga kulkas bisa bekerja dengan efektif mengawetkan makanan.

Nah, biar kamu tahu kapan waktu terbaik untuk membersihkan kulkas, berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa kamu ikuti, Millens.

1.       Jika ada makanan yang sudah basi

Jika ada makanan basi, kulkas segera dibersihkan. (Detik/Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov)

Di kulkasmu ada bahan makanan yang sudah melewati tanggal kedaluarsanya? Kalau iya, sebaiknya segera kamu cek bahan-bahan makanan lainnya deh. Dengan membersihkan bahan-bahan makanan yang sudah nggak layak untuk dikonsumsi, kulkasmu jadi lebih bersih dan bebas bakteri.

“Tanggal kedaluarsa itu menunjukkan kapan sebuah produk masih layak dikonsumsi. Oleh karena itulah, sebelum tanggal yang tercantum itu, sebaiknya kamu sudah mengonsumsi bahan makanan tersebut,” terang Tamika Sims dari International Food Information Council sebagaimana dilansir dari Real Simple, Kamis (7/9/2023).

2.       Jika ada makanan yang tumpah atau wadah yang bocor

Jika ada makanan yang tumpah atau wadah bahan makanan yang bocor, apalagi jika bahan makanan tersebut adalah daging mentah, sebaiknya segera kamu bersihkan. Hal ini perlu dilakukan karena bisa jadi sudah ada kontaminasi bakteri di dalam kulkas sehingga kamu harus segera membersihkannya.

Oleh karena itulah, sebelum memasukkan bahan daging-dagingan, pastikan wadahnya tertutup rapat agar nggak sampai tumpah atau bocor, ya?

3.       Jika ada perubahan pada rasa atau aroma makanan yang disimpan

Kalau kamu merasa ada aroma aneh muncul di kulkas atau rasa dari makanan yang kamu simpan di dalamnya berubah, bisa jadi sudah ada makanan yang nggak layak dikonsumsi atau terjadi kontaminasi bakteri.

Kalau sudah begitu, segera cek satu per satu makanan di dalamnya dan bersihkan kulkasnya demi menghilangkan bakteri tersebut.

Nah, coba deh sekarang kamu cek kondisi kulkasmu untuk mengetahui apakah bahan-bahan makanan di dalamnya masih aman atau tidak. Kalau ada yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera membersihkan kulkas, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT