inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Bersihkan Karet Pintu Kulkas, Demi Kualitas Makanan!
Kamis, 11 Mei 2023 09:36
Bagikan:
Kulkas, terutama bagian karet pintunya harus selalu dibersihkan agar nggak kotor dan menjadi sarang bakteri. (Freepik)

Kulkas, terutama bagian karet pintunya harus selalu dibersihkan agar nggak kotor dan menjadi sarang bakteri. (Freepik)

Salah satu bagian penting dari kulkas adalah karet pintu. Ia berfungsi untuk mengunci saat kulkas tertutup agar nggak ada udara yang masuk atau keluar. Maka dari itu, demi kualitas makanan di kulkas selalu bagus, kita harus selalu membersihkan karet pintu kulkas, ya!

Inibaru.id - Lemari es atau kulkas adalah salah satu perabot penting dalam rumah. Di lemari pendingin itulah kita menyimpan bahan makanan agar tetap segar, dingin dan awet. Oleh karena itu, performa alat elektronik ini harus selalu prima.

Nah, bagaimana kondisi kulkas di rumahmu, Millens? Coba kamu periksa apakah keadaannya masih baik dan stabil? Selain memastikan suhu tetap dingin, salah satu hal yang juga wajib kamu cek adalah karet pintu.

Seperti yang kita tahu, karet pintu kulkas adalah bagian terpenting dari sebuah kulkas. Fungsinya membentuk segel kedap udara agar udara dingin di dalam kulkas nggak keluar. Namun, seiring berjalannya waktu, karet yang menempel di pinggiran pintu kulkas itu akan menjadi kotor oleh paparan noda, kotoran, debu, jamur, dan sebagainya.

Selain membuat performa kulkas berkurang, penumpukan kotoran dan bakteri itu berbahaya untuk makanan, lo. Jika karet kulkasmu terlihat sangat kotor dan semakin nggak sedap dipandang, itu tandanya kamu harus membersihkannya. Bagaimana caranya?

Gunakan Air Hangat

Selalu gunakan kain lap yang lembut saat membersihkan seluruh bagian kulkas. (Istimewa)
Selalu gunakan kain lap yang lembut saat membersihkan seluruh bagian kulkas. (Istimewa)

Menggunakan air hangat untuk membersihkan karet kulkas adalah cara paling sederhana. Air hangat bisa mengangkat debu dan noda membandel akibat jamur dan kuman di sela-sela karet pintu kulkas. Caranya, celupkan kain lap lembut ke air hangat, lalu usapkan di sela karet pintu kulkas.

Sangat mudah, kan? Oleh karena itu, nggak ada alasan malas dan repot untukmu membersihkan kulkas secara rutin, ya.

Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi dapat menjadi pembersih ampuh untuk menghilangkan noda di karet pintu kulkas. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke karet pintu kulkas, terutama pada bagian-bagian yang berjamur, lalu tunggu selama tiga menit.

Setelah itu, seka atau lap dengan lembut karet pintu kulkas menggunakan kain lap basah. Cuci kain lap yang telah digunakan untuk menyeka noda, lalu seka kembali ke karet pintu kulkas untuk membilasnya.

Cuka Dicampur Detergen

Campurkan air cuka dan detergen yang dilarutkan dengan air sekitar 200 ml. Celupkan kain pada larutan, lalu usapkan ke bagian karet pintu kulkas yang kotor. Pastikan setiap kamu membersihkan bagian dari kulkas selalu menggunakan kain lap yang lembut agar nggak merusak permukaan, ya.

O ya, jangan lupa, campuran cuka dan detergen ini hanya untuk membersihkan karet pintu kulkas saja ya, Millens. Jangan sampai larutan ini kamu gunakan untuk mengelap bagian dalam kulkas karena berbahaya. Soalnya, kandungan kimia yang kuat pada detergen bisa mengontaminasi makanan di dalam kulkas. Jika dikonsumsi, bisa bikin orang sakit.

Nah, itu dia beberapa tips mudah membersihkan karet pintu kulkas. Kamu harus rajin-rajin membersihkannya kalau nggak mau lemari pendinginmu mengalami penurunan kualitas. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved