BerandaHits
Minggu, 15 Jan 2023 14:00

Bolehkah Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas?

Bolehkah Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas?

Ilustrasi: Baik di dalam maupun di luar kulkas, sebaiknya penyimpanan minyak goreng harus tepat dan terhindar dari proses oksidasi. (Envato)

Kebanyakan orang menyimpan minyak goreng di suhu ruang. Sebenarnya boleh nggak sih menyimpan minyak goreng di dalam kulkas? Kalau boleh, bagaimana caranya?

Inibaru.id - Agar aman dan tahan lama, banyak bahan makanan yang disimpan dalam kulkas atau lemari pendingin.

Namun, minyak yang juga bahan penting dalam makanan seringkali disimpan di suhu ruang. Banyak yang bilang, menyimpan minyak di kulkas nggak disarankan karena justru membuat minyak rusak. Benarkah demikian?

Sebenarnya yang membuat rusak bukan dinginnya suhu di dalam kulkas. Menurut publikasi yang dilansir dari The San Diego Union-Tribune, Selasa (11/1/2023), saat botol minyak goreng dibuka, maka secara langsung akan terpapar oksigen di udara. Kondisi tersebut membuat terjadinya proses oksidasi yang menyebabkan minyak menjadi rusak.

Jadi, sebelum memasukkannya ke lemari pendingin, pastikan dulu minyak nggak rusak agar warna minyak nggak berubah dan menghitam. Yang perlu kamu tahu, minyak bereaksi terhadap pendinginan tergantung pada apa yang dikandungnya. Sebab minyak yang berbeda akan merespons pendinginan secara berbeda.

Minyak yang Tetap Cair

Ilustrasi: Minyak wijen, salah satu minyak yang tetap cair meski disimpan di dalam kulkas. (Chammilewhite)
Ilustrasi: Minyak wijen, salah satu minyak yang tetap cair meski disimpan di dalam kulkas. (Chammilewhite)

Ada beberapa jenis minyak goreng tertentu yang paling baik disimpan di kulkas karena memiliki kadar lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal yang tinggi. Jenis minyak tersebut adalah minyak safflower, minyak bunga matahari, minyak canola, atau minyak zaitun.

Pengembang resep HelloFresh, Victoria Abdelhady menyatakan, minyak safflower dapat disimpan di dalam kulkas hingga enam bulan. Di tempat yang sejuk dan gelap minyak dapat bertahan hingga dua tahun. Minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tersebut akan tetap cair meskipun didinginkan.

Untuk jenis minyak yang lain seperti wijen juga bisa disimpan di kulkas dan nggak akan mengalami pembekuan.

Minyak yang Membeku

Setiap minyak memiliki karakter yang berbeda-beda.Jika safflower dan minyak wijen tetap cair di lemari pendingin, lain lagi dengan minyak kelapa. Ia akan berubah bentuk menjadi lebih padat saat dimasukkan dalam kulkas. Tapi tenang, minyak kelapa itu akan tetap segar lebih lama.

Meskipun menyimpan beberapa jenis minyak di kulkas bisa membuatnya lebih kental dan keruh seperti minyak kelapa, tetapi hal tersebut akan kembali cair secara normal saat minyak dikeluarkan dari kulkas dan dibawa dalam suhu ruangan normal.

Jadi, minyak sebenarnya bisa disimpan di dalam kulkas ya, Millens. Tapi, jika kamu pikir nggak perlu menyimpannya di dalam lemari pendingin karena stok minyak selalu habis dalam waktu cepat, kamu cukup menyimpannya di tempat aman. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ini Cara Tepat Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas agar Tidak Rusak.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved