inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Inilah Isu Politik yang Paling Mendapat Respons dari Netizen
Minggu, 1 Jan 2023 09:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Ilustrasi: 80% hingga 90% netizen menolak wacana presiden tiga periode, penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. (Pexels)

Ilustrasi: 80% hingga 90% netizen menolak wacana presiden tiga periode, penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. (Pexels)

Ada kabar-kabar di dunia maya yang berlalu begitu saja tanpa pembahasan lebih lanjut. Tapi ada juga isu yang ditanggapi secara mendalam dan mendapat banyak respons dari netizen. Perbincangan soal apa ya?

Inibaru.id - Berinteraksi di dunia maya sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita. Segala hal bisa menjadi topik obrolan menarik di dunia maya, salah satunya soal keadaan di negara kita. Kamu pengin tahu hal apa yang sering menjadi perbincangan dan menciptakan perdebatan panjang?

Big Data Laboratorium Indonesia 2045 (LAB45) menunjukkan isu tiga periode masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, penundaan pemilihan umum (pemilu) dan perpanjangan masa jabatan presiden adalah isu politik yang paling banyak dibincangkan warganet (netizen) sepanjang 2022.

Dari data yang dikumpulkan dari perbincangan dunia maya, 80% hingga 90% netizen menolak wacana presiden tiga periode, penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

“Isu penolakan tiga periode sendiri tidak hanya berasal dari klaster kontra pemerintah, tapi terlihat akun-akun yang selama ini menjadi pendukung Jokowi juga menolak wacana ini,” kata Analis Utama Big Data LAB45 Diyauddin di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Diyauddin menuturkan, dalam temuan LAB45, di penghujung 2022 wacana penundaan pemilu dikaitkan dengan resesi ekonomi yang diprediksi akan terjadi pada 2023. Akun-akun oposisi atau kontra pemerintah, sambungnya, mencurigai narasi resesi atau krisis ekonomi akan digunakan kelompok tertentu sebagai argumentasi untuk memuluskan wacana penundaan pemilu.

“Di penghujung 2022, wacana penundaan pemilu dikaitkan dengan narasi resesi ekonomi yang diprediksi akan terjadi di tahun 2023. Akun-akun oposisi atau kontra pemerintah mencurigai bahwa narasi resesi atau krisis ekonomi akan digunakan oleh kelompok tertentu sebagai argumentasi untuk memuluskan wacana penundaan pemilu,” katanya.

Apa kamu menjadi salah satu warganet yang aktif membicarakan masalah politik di Indonesia sepanjang 2022 ini, Millens? (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ini Isu Politik yang Paling Banyak Direspons Warganet dari Studi LAB45.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved