BerandaHits
Jumat, 30 Des 2022 14:07

Jateng, Provinsi dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik di Indonesia

Jateng, Provinsi dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik di Indonesia

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menobatkan Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi dengan pengawasan pangan segar terbaik di Indonesia lewat Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng. (Jatengprov)

Baru-baru ini Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng dinobatkan menjadi yang terbaik se-Indonesia oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Oleh karena itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk mengonsumsi bahan makanan lokal karena menyehatkan.

Inibaru.id - Sayur, buah dan semua bahan makanan segar dari tumbuhan yang setiap hari kita makan nggak lepas dari pengawasan Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jawa Tengah.

OKKPD merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sebelum beredar dan saat berada di pasaran. Pengawasan tersebut guna menjaga keamanan pangan bagi masyarakat.

OKKPD memiliki peran penting dalam menerbitkan sertifikat dan mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan. Pengawasan yang dilakukan OKKPD antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan.

Pemprov Jateng juga melakukan pembinaan kepada OKKPD kabupaten/kota. Selama kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil (PSAT-PDUK) dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemkab/pemkot.

Baru-baru ini, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menobatkan Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi dengan pengawasan pangan segar terbaik di Indonesia lewat Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng.

Ajakan Mengonsumsi Makanan Lokal

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mendorong kualitas kesehatan pangan segar dengan mengajak masyarakat mengonsumsi makanan olahan lokal. (Antara/Aditya Pradana Putra)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mendorong kualitas kesehatan pangan segar dengan mengajak masyarakat mengonsumsi makanan olahan lokal. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi OKKPD Jateng yang berhasil menjadi terbaik nasional. Ganjar mengungkap pihaknya akan mereplikasi prestasi tersebut kepada sektor dan subsektor lain yang ada di Jateng.

"Maka sebenarnya satu contoh berhasil, tinggal direplikasi. Konsistensi ini penting, inovasinya ini penting. Jadi kita harapkan nanti tidak hanya soal cerita penghargaannya, tapi substansinya. Termasuk tanaman segar dan sebagainya," jelasnya di Balai Desa Kadingrejo, Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jateng, Kamis (29/12/2022).

Ganjar sendiri terus mendorong kualitas kesehatan pangan segar dengan mengajak masyarakat mengonsumsi makanan olahan lokal. Menurut Ganjar, pangan lokal sangat menyehatkan.

"Ada pangan lokal yang lebih sehat. Jadi artinya pangan alternatif itu sangat bisa menggantikan makanan atau bahan pokok makanan yang selama ini secara mainstream digunakan," kata Ganjar.

Pencapaian OKKPD Jateng ini sangat penting ya, Milllens? Nggak sebatas penghargaan, pengawasan makanan segar memang harus dilakukan dengan baik agar makanan yang beredar di pasaran tetap berkualitas bagi masyarakat. (Siti Khatijah/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved