inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Berbagai Penyebab Kulkas Nggak Lagi Dingin
Minggu, 7 Mei 2023 09:00
Penulis:
Bagikan:
Ilustrasi: Suhu kullkas tidak lagi dingin. (Bukalapak/Shutterstock)

Ilustrasi: Suhu kullkas tidak lagi dingin. (Bukalapak/Shutterstock)

Kalau sampai kulkas nggak lagi dingin, bahan makanan bakal cepat basi. Nah, kamu harus segera mengecek hal-hal ini agar kulkas bisa segera diperbaiki.

Inibaru.id – Selain televisi, kulkas alias lemari es adalah salah satu peralatan yang hampir pasti bisa ditemui di rumah. Peralatan ini dianggap cukup penting karena bisa membuat bahan-bahan makanan awet hingga berhari-hari. Tanpa adanya kulkas, bisa jadi bahan makanan akan lebih mudah basi, deh.

Masalahnya, terkadang kulkas nggak lagi dingin. Kalau sudah begini, maka bahan makanan pun nggak bisa lagi bertahan dalam waktu lama.

Hal ini tentu bakal membuatmu kerepotan karena harus segera mengolah bahan makanan dalam jumlah banyak. Jadi, listrik lebih boros.

Nah, berikut adalah sejumlah penyebab kulkas nggak lagi dingin yang perlu kamu waspadai sebagaimana dinukil dari Kompas, (29/11/2022).

Bunga es di freezer menumpuk

Coba deh cek bagian freezer kulkasmu. Jika sampai bunga esnya menumpuk atau bahkan memenuhi sebagian besar freezer, maka hal ini bakal membuat area chiller di kulkas nggak lagi dingin. Mengapa begitu? Soalnya bunga es justru menutupi lubang angin yang penting dalam memastikan udara dingin tersirkulasi dengan baik ke seluruh bagian kulkas.

Oleh karena itulah, jika bunga es pada bagian freezer menumpuk, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu agar kulkas bisa kembali dingin. Ingat, ya, saat membersihkan bunga es ini, sebaiknya kulkas dimatikan agar bunga esnya mencair dulu.

Freon kulkas sudah habis

Ilustrasi: Mengecek freon kulkas. (Whereaglesfly)
Ilustrasi: Mengecek freon kulkas. (Whereaglesfly)

Tahu nggak bagaimana cara kulkas bisa sampai memiliki suhu dingin? Salah satu alasannya adalah karena memakai freon atau refrigan. Masalahnya, freon ini bisa habis kalau dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu, bisa jadi terjadi kebocoran gas freon pada kulkasmu tanpa kamu sadari.

Jadi, kalau kamu menemukan kulkasmu yang sudah berusia lama itu nggak lagi dingin, jangan ragu deh memanggil tukang servis profesional yang juga melayani pengisian ulang gas freon atau perbaikan kebocoran saluran freon. Setelah diservis, biasanya kulkas bisa kembali dingin.

Cek bagian karet penutup pintu kulkas

Pintu kulkas beda dengan pintu perabotan pada umumnya. Bagian ini dilengkapi dengan karet yang memungkinkan udara dingin di dalam kulkas nggak mudah keluar saat ditutup rapat. Masalahnya, karena faktor usia, terkadang karet tersebut mengendur dan akhirnya membuat udara dingin jadi mudah keluar.

Kalau sudah begini, ganti deh karet pintu kulkas dengan yang baru. Kalau nggak bisa melakukannya sendiri, nggak ada salahnya pula meminta bantuan tukang servis kullkas.

Bagian evaporator kulkas mengalami kerusakan

Evaporator memiliki peran besar dalam mendistribusikan freon kulkas. Kalau sampai rusak atau bocor, maka suhu udara di kulkas nggak lagi dingin. Kamu pun harus segera memperbaiki atau mengganti bagian ini dengan yang baru.

Kalau kamu merasa kulkasmu nggak lagi dingin atau bahan makanannya jadi cepat basi, jangan ragu untuk mengecek hal-hal tersebut dan segera memperbaikinya, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved