inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pakaian Bau Apek dari Mesin Cuci, Ini Penyebabnya
Sabtu, 22 Apr 2023 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Baju apek di mesin cuci. (Solusiibuattack)

Baju apek di mesin cuci. (Solusiibuattack)

Bukannya berbau wangi, pakaian justru berbau apek saat dikeluarkan dari mesin cuci. Kira-kira, apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Di zaman sekarang, hampir semua orang terbiasa mencuci bajunya dengan mesin cuci. Selain mudah untuk dipakai, mesin cuci juga bisa membuat pakaian bersih. Namun, terkadang pakaian yang baru dikeluarkan dari mesin cuci berbau apek, bukannya wangi.

Jika hal ini sampai terjadi, kamu pasti merasa sebal kan? Bukannya mendapati pakaian yang bersih dan wangi, kamu malah terpikir untuk mencucinya lagi agar bau apeknya hilang. Sebenarnya, apa sih yang bikin aroma apek ini muncul?

Nah, biar kamu nggak sampai mengalaminya, sebaiknya ketahui dulu penyebab pakaian apek dari mesin cuci sebagaimana dilansir dari Popmama, (15/1/2023) berikut ini.

1.       Pakaian yang dimasukkan mesin cuci kebanyakan

Seringkali, bau apek pada pakaian yang dikeluarkan dari mesin cuci disebabkan oleh banyaknya pakaian yang dimasukkan di dalamnya. Meski kapasitas mesin cuci cukup besar, bukan berarti kamu bisa memasukkan pakaian kotor seenaknya. Bisa jadi, mesin cuci nggak bisa memutar baju dengan baik dan akhirnya pakaian yang kamu cuci nggak benar-benar bersih.

Nah, kotoran dan bakteri yang nggak dibersihkan selama proses pencucian tersebut membuat bajumu jadi lebih apek, deh.

2.       Pakaian nggak langsung dijemur

Jika baju nggak langsung dijemur, bisa bikin bau apek. (Reader's Digest)
Jika baju nggak langsung dijemur, bisa bikin bau apek. (Reader's Digest)

Bagi pemilik mesin cuci satu tabung, hal ini pasti sering dilakukan; mencuci baju sebelum tidur dan membiarkan mesin secara otomatis mati begitu proses pencucian selesai. Keesokan harinya, baju baru dijemur.

Meski terkesan praktis, hal ini jadi penyebab bajumu bau apek saat dikeluarkan dari mesin cuci. Soalnya, pakaian yang masih lembap terus ditumpuk selama berjam-jam di dalam mesin cuci dan akhirnya membuat bakteri tumbuh. Bakteri-bakteri inilah yang akhirnya membuat baju jadi apek deh.

3.       Mesin cuci jarang dibersihkan

Coba kamu tanyakan pada diri sendiri, pernah nggak mesin cuci dibersihkan? Meski jadi tempat untuk membersihkan dan sering terkena sabun, bagian dalam mesin cuci juga rentan jadi tempat berkumpulnya kotoran, jamur, dan bakteri. Kalau kamu jarang atau bahkan nggak pernah mencucinya, maka pakaian yang sudah kamu cuci itu bakal lebih mudah bau apek, deh.

Oleh karena itulah, kamu sebaiknya rajin-rajin membersihkannya ya dengan cairan pembersih. Lakukan setidaknya sebulan sekali. Selain itu, setelah digunakan, kamu bisa membuka pintu mesin cuci agar nggak lempab.

4.       Mencampur pakaian yang bau keringat

Pakaian yang bau keringat karena dipakai berolahraga atau bekerja keras memang bisa dicuci dengan mesin cuci. Tapi, kalau dicampurkan dengan pakaian lain, akan membuat pakaian lain ikut bau. Jadi, sebaiknya kamu nggak mencampurkannya dengan sembarangan, ya?

Dengan memperhatikan hal-hal itu, pakaianmu nggak bakal apek lagi deh setelah dicuci, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved