inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa AC Rumah Nggak Lagi Dingin?
Senin, 24 Apr 2023 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
AC di dalam rumah nggak lagi dingin. (Lottemart)

AC di dalam rumah nggak lagi dingin. (Lottemart)

Kalau AC rumah nggak lagi dingin, tentu kamu akan merasa gerah, ya? Nah, biar hal ini nggak lagi terjadi, coba deh hindari berbagai penyebab AC nggak lagi dingin berikut ini.

Inibaru.id – Hidup di negara tropis seperti Indonesia membuat kita terbiasa dengan suhu udara yang panas dan gerah setiap waktu. Oleh karena itulah, keberadaan air conditioner (AC) akan sangat membantu. Kita akan merasa sejuk di dalam rumah hingga bisa beraktivitas atau beristirahat dengan nyaman.

Sayangnya, karena sesuatu hal, terkadang AC rumah nggak lagi dingin. Meski kamu sudah menyetel suhu serendah mungkin, kamu tetap merasa gerah. Kalau sudah begini, kamu akan kerepotan dan akhirnya harus melakukan service pada AC tersebut, deh.

Lantas, apa sih penyebab AC rumah nggak lagi dingin? Biar hal ini nggak sering-sering terjadi, coba deh cek apa saja penyebabnya sebagaimana dikutip dari Popmama, (13/9/2022) berikut ini.

Kapasitas AC nggak sesuai

Hal pertama yang harus kamu cek adalah kapasitas AC yang ada di rumah kamu. Lalu, perhatikan seberapa luas ruangan di mana AC tersebut dipasang. Jika kapasitasnya terlalu kecil jika dibandingkan dengan luas ruangan, tentu AC nggak akan terasa dingin deh.

Meski suhu sudah kamu setel sedingin mungkin, udara yang dikeluarkan AC nggak mampu mengover seluruh ruangan. Ruangan pun nggak bisa terasa sejuk. Apalagi jika suhu udara di luar sedang sangat panas.

Ada sumbatan pada penyaring udara

penyaring udara kotor bisa jadi penyebab AC nggak dingin. (Kulmi.id)
penyaring udara kotor bisa jadi penyebab AC nggak dingin. (Kulmi.id)

Hal yang paling sering jadi penyebab AC nggak lagi dingin adalah sumbatan pada penyaring udara AC. O ya, sebenarnya penyaring ini berfungsi sebagai penjebak kotoran atau partikel lain yang bisa merusak jika sampai masuk ke dalam mesin AC. Terkadang, kotoran tersebut menumpuk pada penyaring dan akhirnya membuat udara nggak bisa masuk dengan leluasa ke dalam AC.

Kalau sudah begini, maka AC pun nggak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan nggak lagi dingin, deh. Oleh karena itulah, bagian penyaring udara haurus kamu cek kali pertama jika sampai AC nggak lagi terasa dingin. Dengan membersihkan bagian yang juga disebut dengan filter tersebut, maka AC akan kembali berfungsi seperti sebelumnya.

Bagian evaporator kotor

Bagian lain dari AC yang perlu kamu cek jika nggak lagi dingin adalah evaporator. Kalau bagian ini sampai nggak bersih, maka AC pun nggak akan berfungsi dengan baik dan akhirnya nggak lagi terasa dingin deh. Pastikan kamu membersihkan bagian evaporator ini setidaknya enam bulan sekali atau setahun sekali.

Kerusakan pada kompresor

Jika kompresor AC rusak, maka AC tidak akan berfungsi dengan baik. Soalnya, bagian inilah yang berperan mengendalikan sirkulasi udara. Kalau sampai benar-benar rusak, mau nggak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Selain memperhatikan hal-hal di atas, pastikan untuk rajin melakukan service atau perawatan berkala pada AC agar tetap bisa berfungsi dengan normal, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved