inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Telur dan Produk Susu Sebaknya Nggak Disimpan di Pintu Kulkas
Minggu, 6 Agu 2023 13:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Menyimpan telur dan produk susu di pintu kulkas. (Shutterstock/Jarabee123)

Ilustrasi: Menyimpan telur dan produk susu di pintu kulkas. (Shutterstock/Jarabee123)

Meski ada kompartemen yang bisa dipakai sebagai tempat menyimpan telur dan produk susu, sebaiknya kamu nggak menempatkan bahan makanan itu di sana. Apa alasannya?

Inibaru.id – Fungsi utama dari keberadaan kulkas di dapur rumah adalah sebagai tempat untuk menyimpan makanan atau bahan makanan agar tetap awet. Nah, biar muat banyak, kamu bisa menemukan banyak rak atau laci pada bagian dalamnya, termasuk di pintu kulkas.

Nah, bagian pintu kulkas seringkali dijadikan tempat untuk menyimpan telur dan sejumlah produk susu seperti kotak susu cair, bungkus susu bubuk, hingga keju. Bahkan, kamu pasti bisa menemukan kompartemen khusus yang memungkinkanmu meletakkan telur satu demi satu, bukan?

Meski terkesan memudahkanmu untuk menyimpan telur dan produk susu, ternyata banyak pakar yang nggak menyarankanmu menyimpan kedua jenis benda tersebut di pintu kulkas. Kok bisa begitu?

Kalau menurut keterangan Christine Kingsley yang berasal dari Lung Institute, Amerika Serikat, pintu kulkas bukanlah tempat ideal untuk menyimpan telur dan produk susu. Kalau tetap disimpan di sana, kedua jenis bahan makanan tersebut bisa saja mudah terkontaminasi bakteri dan hal lainnya.

Masalahnya, kalau sampai telur dan produk susu terkontaminasi dan tetap dikonsumsi, bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan seperti keracunan, diare, sakit perut, dan lain-lain. Kalau sudah begitu, tentu bikin repot, bukan?

Mengapa begitu? Kita bisa menilik sistem sirkulasi udara dingin di kulkas terlebih dahulu, Millens. Jadi, udara dingin ternyata keluar dari bagian bawah kulkas. Setelah itu, udaranya akan berputar sampai ke rak-rak yang ada di bagian atas.

Telur dan produk susu sebaiknya nggak disimpan di pintu kulkas. (iStockphoto/FabrikaCr)
Telur dan produk susu sebaiknya nggak disimpan di pintu kulkas. (iStockphoto/FabrikaCr)

Kingsley menyebut bagian kulkas yang paling ideal untuk menempatkan telur dan produk susu adalah pad arak paling atas paling belakang. Di situlah udara dingin tetap berada dalam suhu yang stabil sepanjang waktu. Otomatis, telur dan produk susu pun jadi lebih awet dan bakteri penyebab penyakit nggak mudah muncul.

Kalau kamu menempatkannya di pintu kulkas, saat kamu membuka pintu kulkas, tempatmu menyimpan telur dan produk susu untuk sementara terputus dari sirkulasi aliran udara dingin kulkas. Kalau kamu berkali-kali membuka menutup pintu, hal ini akan sering terjadi dan akhirnya membuat pertumbuhan bakteri pada kedua bahan makanan tersebut.

“Meski nggak banyak, tapi banyak telur yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella yang nggak aktif. Kalau ditempatkan di pintu kulkas, dikhawatirkan bakteri itu jadi aktif saat suhunya nggak dingin,” ujar Kingsley sebagaimana dilansir dari Apartment Therapy, Senin (31/7/2023).

Jadi, sudah tahu kan kalau pintu kulkas nggak ideal sebagai tempat menyimpan telur dan produk susu. Tempatkan di sisi lain kulkas, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved